Dapatkan 8 Manfaat ​Makan​ Apel, Turunkan Berat Badan hingga Perkuat Gusi

​Nailatul Fadhillah - detikFood Kamis, 12 Okt 2017 19:06 WIB
Foto: Istimewa Foto: Istimewa
Jakarta - Selama ini apel dikenal sebagai buah yang kaya manfaat kesehatan. Konsumsinya baik untuk pencernaan hingga bantu turunkan berat badan.

Apel punya rasa yang lezat. Bisa dijadikan cemilan, campuran salad, smoothies, pie dan berbagai makanan pencuci mulut lainnya.

Buah ini juga juga sangat bergizi. Apel tinggi akan serat pektin yang dapat meningkatkan metabolisme, kesehatan jantung dan mengatur kadar gula darah. Vitamin dan mineralnya juga baik untuk kesehatan tulang, gigi dan kulit.

Setiap bagian dari apel dapat dimakan, karena tiap bagian mengandung zat yang baik bagi tubuh. Mengupas kulitnya bisa menghilangkan sebagian besar serat buah, vitamin C dan zat besi. Jadi cobalah untuk mengonsumsi kelezatan buah ini dengan kulitnya. Namun pastikan Apel sudah dicuci atau benar-benar sudah bersih saat akan dimakan.

SmartCooky (11/10) merangkum delapan manfaat yang didapat dari konsumsi buah apel.

Dapatkan 8 Manfaat Makan Apel, Turunkan Berat Badan hingga Perkuat GusiFoto: Istimewa


1. Baik untuk Diabetes dan Pengaturan Gula Darah
Menurut buku 'Healing Foods', fruktosa dan antioksidan polifenol dalam apel memperbaiki keseimbangan metabolik dan memperlambat laju gula yang diserap tubuh. Kandungan dalam apel ini efektif untuk penderita diabetes.

2. Menurunkan Berat Badan
Serat pektin membantu menurunkan daya serap tubuh dari kelebihan lemak makanan. Apel juga membantu Anda merasa kenyang lebih lama karena kandungan seratnya. Efektif jika dikonsumsi jangka panjang untuk membantu penurunan berat badan.

Dapatkan 8 Manfaat Makan Apel, Turunkan Berat Badan hingga Perkuat GusiFoto: Istimewa


3. Baik untuk pencernaan
Serat pektin juga bermanfaat untuk pencernaan Anda. Pektin menarik air dari saluran pencernaan dan membentuk gel. Ini membantu memperlambat pencernaan dan mendorong tinja melalui usus. Selain itu, Apel mengandung asam malat yang juga bermanfaat bagi pencernaan.

4. Mengatasi Sembelit dan Diare
Konsentrasi tinggi serat pektin tidak hanya membantu pencernaan tetapi juga mendorong pengeluaran tinja. Pektin bisa mengatasi sembelit dan diare, tergantung kebutuhan tubuh.

Baca juga: Ini Cara Hilangkan Lapisan Lilin pada Apel Segar

Dapatkan 8 Manfaat Makan Apel, Turunkan Berat Badan hingga Perkuat GusiFoto: iStock


5. Proteksi tulang
Apel juga efektif dalam memperkuat tulang dan bisa memainkan peran penting dalam keseluruhan kesehatan tulang. Favoidid phlorizin tertentu, yang ada di kulit apel, dapat membantu mencegah pengeroposan tulang terkait menopause. Karena ini melawan peradangan dan produksi radikal bebas yang menyebabkan degenerasi tulang.

6. Mengurangi Kolesterol
Serat pektin dan unsur lainnya, seperti antioksidan polifenol dapat menurunkan kadar kolesterol jahat (LDL) dan memperlambat oksidasinya. Hal ini membantu mengurangi risiko pengerasan arteri, kerusakan otot jantung dan pembuluh darah.

Dapatkan 8 Manfaat Makan Apel, Turunkan Berat Badan hingga Perkuat GusiFoto: iStock


7. Meningkatkan Kekuatan Otak
Apel juga dikaitkan dengan peningkatan kekuatan otak. Karena meningkatkan produksi asetilkolin yang membantu membangun hubungan lebih kuat antara sel saraf dan otak. Selanjutnya dapat memperbaiki ingatan Anda dan menurunkan kemungkinan terkena Alzheimer.

8. Mencerahkan Gigi dan Memperkuat Gusi
Apel merupakan sumber air dan serat yang berperan sebagai agen pembersih. Ada kandungan asam malat yang dapat meningkatkan produksi air liur. Sehingga bisa menghilangkan bakteri dari mulut. Tekstur apel yang berserat juga membantu meningkatkan kesehatan gusi Anda. (msa/odi)
Load Komentar ...