Ini 5 Makanan Terlarang untuk Dibawa ke Pesawat

Nailatul Fadhillah - detikFood Jumat, 24 Nov 2017 10:20 WIB
Foto: iStock
Jakarta - Tak semua makanan boleh dibawa dalam penerbangan pesawat. Beberapa jenis makanan punya aroma dan tekstur yang bisa mengganggu kenyamanan penerbangan.

Bepergian dengan pesawat dalam waktu cukup lama mungkin akan mendorong sebagian orang untuk membawa bekal, selain karena rasa makanan dalam penerbangan yang cenderung kurang enak tentu harganya juga lebih mahal.

Namun nyatanya tak sembarang makanan dapat dibawa, entah itu dapat mengganggu penumpang lain atau karena memang dilarang untuk alasan keselamatan dan lainnya.

Baca juga: Makanan di Pesawat Terasa Kurang Enak? Ini Alasannya

Dilansir dari Refinery29 (17/11), para profesional mengungkap 5 jenis makanan yang sebaiknya dihindari dalam perjalanan menggunakan pesawat.

1. Memiliki bau menyengat

Ini 5 Makanan Terlarang untuk Dibawa ke PesawatFoto: Istimewa

Sudah jelas bahwa makanan berbau tajam dilarang dibawa dalam transportasi darat maupun udara. Hal ini sehubungan kondisi ruang yang kecil memungkinkan aroma aneh makanan bisa menyebar dengan cepat dan menggangguu kenyamanan penumpang lainnya.

Seafood dan durian punya aroma kuat sehingga tak bisa dibawa ke pesawat. Selain itu, pisang dan makanan berbau enak lain seperti makanan cepat saji atau burger berbau bawang juga perlu dihindari karena bisa saja tak disukai orang-orang sekitar.

2. Basah dan lengket

Ini 5 Makanan Terlarang untuk Dibawa ke PesawatFoto: Istimewa

Hindari juga makanan dan minuman yang teksturnya basah dan lengket. Jika Anda ingin membawa minuman, sebaiknya gunakan wadah tertutup. Selain aman dari tumpah, tentunya hal ini tidak akan merepotkan jika terjadi turbulensi, saat akan mendarat dan saat teman disamping Anda ingin lewat.

3. Makanan yang rumit

Ini 5 Makanan Terlarang untuk Dibawa ke PesawatFoto: Istimewa

Membawa makanan yang rumit dan memerlukan banyak peralatan bukanlah ide bagus. Seperti makanan yang mungkin perlu dicelupkan ke dalam saus, makanan yang mudah tumpah atau makanan yang memerlukan garpu dan pisau.

Cara lain, bawalah makanan yang praktis dan bisa dibungkus ulang untuk mengantisipasi hal yang tidak diinginkan.

4. Makanan manis dan asin

Ini 5 Makanan Terlarang untuk Dibawa ke PesawatFoto: Istimewa

Studi menemukan bahwa kemampuan untuk mencicipi rasa asin dan manis akan menurun saat berada di ketinggian. Hal ini juga berlaku pada alkohol. Wine akan terasa lebih asam dan encer dalam penerbangan.

Hilangnya rasa juga akan terjadi pada daging dan ikan, karena mereka cenderung mengering saat penerbangan karena faktor udara kering dan kelembaban yang rendah. Selain itu, camilan sisa penerbangan akan terasa tidak sebaik sebelumnya jika dimakan setelah mendarat.

Baca juga: Ternyata Hanya 2 Makanan Ini yang Paling Baik Disantap di Atas Pesawat

5. Membawa alkohol

Ini 5 Makanan Terlarang untuk Dibawa ke PesawatFoto: Istimewa

Bagi Anda yang mungkin bepergian dalam perjalanan internasional dan tertarik untuk minum alkohol, sebaiknya tidak membawa alkohol dari luar. Selain dilarang secara hukum, Anda mungkin juga tidak bisa memperhatikan berapa banyak yang telah dikonsumsi. Sebaiknya, minumlah sebelum melakukan penerbangan atau belilah alkohol yang disediakan oleh penerbangan karena ada pramugari yang siap untuk memantau berapa banyak alkohol yang bisa dikonsumsi. (lus/adr)

Redaksi: redaksi[at]detikfood.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com