Ini 4 Jenis Pisau yang Wajib Anda Miliki di Dapur

Lusiana Mustinda - detikFood Senin, 20 Nov 2017 17:30 WIB
Foto: iStock Foto: iStock
Jakarta - Tingkat ketajaman dan ukuran pisau berbeda-beda. Tiap jenis memiliki manfaat tersendiri dalam memasak, seperti memotong daging serta roti.

Sehingga sebelum membeli pisau, sebaiknya Anda Kenali terlebih dahulu fungsi dari pisau tersebut. Direkomendasikan Foodbeast (17/11) yuk kenali 4 jenis pisau ini agar memasak lebih mudah dan menyenangkan.

Baca juga: Agar Jari Tak Teriris Pisau, Ini Cara Benar Potong Alpukat Menurut Ahli

1. Chef's Knife

Ini 4 Jenis Pisau yang Wajib Anda Miliki di RumahFoto: Istimewa

Pisau multi fungsi ini bisa menjadi pilihan pertama Anda jika ingin membeli pisau. Dikatakan multi fungsi karena pisau ini biasanya dinamakan 'Classic Knife'. Maksudnya, pisau ini berfungsi untuk melakukan beberapa hal dalam memasak. Seperti mengiris siung bawang putih, memotong dan mencincang bawang serta bisa juga untuk mengiris tipis kentang.

Dinamakan Chef's Knife karena para chef biasanya hanya memilih menggunakan satu jenis pisau untuk proses memasak. Selain mudah, sang chef juga tidak menghabiskan waktu hanya untuk mengganti jenis pisau berdasarkan fungsinya. Selain itu, bentuk pisau ini lebih runcing dan panjangnya berkisar 15 cm hingga 30 cm.

2. Paring Knife

Ini 4 Jenis Pisau yang Wajib Anda Miliki di RumahFoto: Istimewa

Ukuran paring knife ini lebih kecil dibandingkan Chef's knife, jenis pisau ini memungkinkan Anda untuk memotong lebih presisi dan teliti. Selain mudah di genggam desainnya tampak seperti pisau koki yang mini. Ukurannya sekitar 7,5 cm hingga 9 cm.

Jenis pisau ini sangat cocok untuk memotong karena hanya memerlukan sedikit ketangkasan, paling sering digunakan untuk mengupas apel atau kentang, tetapi juga pilihan yang baik untuk memotong sayuran, mengupas kulit dan kotoran udang.

3. Serrated atau Bread Knife

Ini 4 Jenis Pisau yang Wajib Anda Miliki di RumahFoto: Istimewa

Pisau yang lebih lebar ini biasanya dikhususkan untuk memotong roti. Bentuknya lebih panjang dari pisau lainnya dan datar. Pisau ini memiliki sisi gerigi yang dengan mudah memotong makanan keras dengan isinya yang lembut. Selain itu, panjangnya berkisar 12,5 cm sampai 30 cm panjangnya.

Selain menggunakan pisau ini untuk memotong roti, bisa juga untuk memotong makanan yang memiliki permukaan yang sedikit keras namun isinya lembut seperti tomat atau buah-buahan seperti nanas.

4. Fillet atau Boning Knife

Ini 4 Jenis Pisau yang Wajib Anda Miliki di RumahFoto: Istimewa

Pisau jenis ini lebih tipis dibandingkan pisau lainnya selain itu memiliki ujung yang runcing. Ketipisannya membuat pisau ini sangat tajam dan paling ideal untuk memotong daging mentah. Pisau ini memiliki sebutan yang beragam, tapi pisau fillet selalu difungsikan untuk memotong daging sedangkan pisau boning lebih kaku dan ada juga yang lentur.

Pisau ini tidak dirancang untuk memotong tulang, melainkan hanya daging saja atau daging yang berada di sekitar tulang. Untuk ukuran pisau jenis ini, panjangnya sekitar 15 cm.

Pisau yang sudah tumpul dapat diasah dengan batu asah atau pengasah baja agar proses memotong bahan makanan semakin cepat dan mudah.

Baca juga: Pisau Mentega Ini Bisa Lelehkan Mentega Seketika Saat Dioleskan (lus/lus)