Black Truffle Seharga Rp 26,8 Juta Per Kg Berhasil Ditemukan di Inggris

Andi Annisa Dwi Rahmawati - detikFood Selasa, 14 Nov 2017 12:11 WIB
Foto: Istimewa Foto: Istimewa
Jakarta - Jamur truffle terkenal berharga dan istimewa. Pemilik perkebunan inipun berhasil menemukan truffle perigord atau black truffle yang langka serta bernilai tinggi.

Ditanam lebih dari 10 tahun lalu, perkebunan milik Matt Sim di Monmouthshire, Walse, Inggris akhirnya menghasilkan truffle perigord. Jamur ini ditemukan anjing bernama Bella yang sudah terbukti piawai dalam menemukan truffle.

Dilaporkan Telegraph (12/11), truffle perigord atau black truffle atau truffle hitam di perkebunan Sim ini adalah yang pertama ditemukan di Inggris. Sekaligus jadi salah satu bahan paling berharga yang pernah ditemukan di dunia.

<i>Black Truffle</i> Seharga Rp 26,8 Juta Per Kg Berhasil Ditemukan di InggrisMatt Sim yang Menemukan Black Truffle Bersama Anjingnya (Foto: Istimewa)

"Awalnya saya melihat sesuatu yang gelap di lubang tempat Bella menggali. Saya pikir itu truffle musim panas yang kasar. Tapi saat saya menciumnya, saya tahu itu perigord," ujar Sim.

Baca Juga: Mengapa Jamur Truffle Mahal Harganya?

Black truffle adalah bahan makanan paling mahal di dunia. Harganya 1.700 euro per kilogram atau sekitar Rp. 26,8 juta. Tapi bagi Sim penemuan black truffle bukan soal nilainya saja yang mahal.

"Ini menyenangkan. Sangat asyik keluar bersama anjing dan mencari truffle," tambah Sim. Ia bercerita kala Bella dan dirinya menemukan black truffle.

Menurutnya energi Bella saat itu sangat besar ketika berjalan di dekat pohon. Sim langsung sadar bahwa Bella menemukan sesuatu. "Anda harus menariknya cukup cepat. Tekstur truffle bergelembung dan cakar anjing bisa mengeluarkan dan mengeskpos daging di bawahnya," jelas Sim.

<i>Black Truffle</i> Seharga Rp 26,8 Juta Per Kg Berhasil Ditemukan di InggrisBella, Si Penemu Black Truffle Handal (Foto: Istimewa)

Menurut istrinya, Sim sangat terobsesi dengan truffle. Dua kali sehari ia menyusuri lahan seluas 44 ribu meter persegi bersama Bella untuk cari truffle.

Truffle temuannya lalu dikasih ke chef lokal atau dimakan Sim sendiri. "Biasanya saya mengiris sedikit truffle dan memakannya," jelas pria 49 tahun ini.

Dr Paul Thomas dari industri truffle Inggris jadi orang pertama yang ditelepon Sim saat ia tahu Bella punya kemampuan mencari truffle. Secara khusus Dr Thomas mempelajari karakter truffle yang sulit dicari.

Baca Juga: Wah, Black Truffle Ternyata Punya Senyawa Sama dengan Ganja

<i>Black Truffle</i> Seharga Rp 26,8 Juta Per Kg Berhasil Ditemukan di InggrisTruffle Jadi Bahan Makanan Termahal di Dunia (Foto: Istimewa)

Truffle rupanya tumbuh di bawah tanah dalam hubungan simbiosis dengan sistem akar pohon di tanah yang kandungan batu kapurnya tinggi.

"Cara tumbuh truffle adalah jika benih jatuh di bawah pohon dengan jamur tumbuh, benih akan diinokulasi secara alami. Tapi begitu Anda kehilangan habitat itu, tidak ada lagi sistem untuk benih bereproduksi," jelas Dr Thomas.

Sejak awal Sim berencana menanam lebih banyak spesies truffle musim dingin. Namun Dr Thomas sempat meragukan. "Saya tidak berpikir mereka akan tumbuh, tapi mungkin menarik dari perspektif sains. Saya cukup kasar tentang itu. Tapi dugaan saya ternyata terbukti salah. Dan saya senang itu terjadi," pungkas Dr Thomas.

(adr/adr)
Load Komentar ...