Kuliner Lezat Solo

Suka Gudeg Solo? Ini 5 Tempat yang Wajib Anda Kunjungi!

Esther Suhana Abdurahim - detikFood Selasa, 07 Nov 2017 14:20 WIB
Foto: dok. detikFood Foto: dok. detikFood
FOKUS BERITA Kuliner Lezat Solo
Jakarta - Gudeg jadi salah satu menu yang ada di pernikahan Kahiyang Ayu dan Bobby Nasution. Di Solo, ternyata ada warung makan punya andalan menu gudeg enak. Mau coba?

Walau terkenal di Jogja, akan tetapi Solo juga memiliki gudeg yang enak. Gudeg Jogja memiliki warna yang lebih cokelat pekat, sedangkan di Solo gudegnya memiliki warna yang lebih muda karena ditambahkan lebih banyak santan.

Umumny gudeg disajikan dengan nasi putih, opor ayam, tempe atau tahu bacem, kerupuk kulit dan juga sayur daun singkong. Berikut 5 Rumah makan Gudeg Solo yang menjadi idaman warga setempat hingga Presiden Jokowi.

Baca juga: Ini 5 HIK atau Angkringan Enak di Solo, Nomor 2 Jadi Langganan Jokowi

1. Gudeg Bu Mari
Suka Gudeg Solo? Ini 5 Tempat yang Wajib Anda Kunjungi!Gudeg Bu Mari dengan paduan krecek dan nasi putih. Foto: Istimewa

Warung gudeg Bu Mari yang melegenda menjadi santapan wajib bagi wisatawan yang datang ke Solo. Menu yang ditawarkan beraneka ragam seperti gudeg dengan paduan tahu putih, tahu kulit, telur dan ayam.

Anda tidak boleh melewatkan ceker alias kaki ayam yang menjadi menu andalan Warung Gudeg Bu Mari. Ceker ini dimasak selama berjam-jam sehingga menghasilkan tekstur yang empuk dan bumbunya meresap.

Anda juga bisa memesan satu porsi ceker berisi 10 potong ceker. Selain itu, bubur lemu juga menjadi santapan yang harus dicoba. Disajikan dari beras yang dimasak menjadi bubur bersama santan dan daun salam sehingga memberikan rasa yang gurih. Anda juga bisa menyantapnya dengan gudeg.

Harga yang dibandrol di tempat makan ini sekitar Rp 13.000 hingga Rp 25.000. Jika Anda ingin mampir, warung Nasi Gudeg Bu Mari ada di Jalan Dr Rajiman Laweyan, Solo.

Warung Gudeg Bu Mari
Jalan Gatot Subroto,
Solo
Telepon: 0857-2527-3355
Jam Buka: 24 jam

2. Gudeg Cakar Bu Kasno

Gudeg komplet dengan tambaha ceker racikan Gudeg komplet dengan tambaha ceker racikan Bu Kasno. Foto: Istimewa

Masih sama dengan menu andalan ceker atau kaki ayam, Rumah Makan Gudeng Cakar Bu Kasno ini memiliki jam buka yang sangat dini, jam bukanya yaitu dari 01.30 sampai 07.00 WIB.

Gudeg yang dijual oleh rumah makan Gudeg Cakar Bu Kasno merupakan jenis gudeng basah dengan kuah yang kental. Biasanya nasi gudeg disajikan dengan kerecek, cakar ayam, ati ampela, dan kerupuk sebagai pelengkap hidangan menyantap gudeg ceker.

Gudeg Cakar Bu Kasno
Jalan Monginsidi
Kota Solo
Telepon: 0819-5375-513
Jam buka: 01.30 - 07.00 WIB

3. Warung Mbok Kedul

Suka Gudeg Solo? Ini 5 Tempat yang Wajib Anda Kunjungi!Selain nasi gudeg, Anda juga bisa mencicip bubur gudeg khas Solo. Foto: Istimewa

Tak hanya menjual gudeg, Warung Mbok Kedul menghidangkan menu bubur gudeg, nasi gudeg, ketan bubuk atau juruh, dan lontong opor dari Mbok Kedul.

Bubur gudegnya yang gurih dan kental dari kuahnya yang pas menjadi kenangan tersendiri bagi penyantapnya. Selain itu gudegnya pun tak terlalu manis. Makanan ini biasanyaisajikan bersama gudeg, opor ayam, telur bebek, dan sambal goreng krecek.

Warung Gudeg Mbok Kedul
Jl. Brigjend Slamet Riyadi
No. 474, Solo
Telepon: 0813-2996-3960
Jam buka: 13.00 - 22.00 WIB

4. Restoran Adem Ayem Solo

Suka Gudeg Solo? Ini 5 Tempat yang Wajib Anda Kunjungi!Restoran Adem Ayem Solo Foto: Istimewa

Restoran yang terletak di Jalan Brigjen Slamet Riyadi ini memiliki hidangan yang sangat diincar penduduk setempat bahkan wisatawan. Seperti nasi gudeg istimewa dan ayam gorengnya.

Selain itu, ada beraneka nasi gudeng yang dijual di Restoran Adem Ayem Solo, seperti nasi gudeg istimewa, nasi gudeg ayam, nasi gudeg telur, dan nasi gudeg sambel.

Nasi gudeg disini juga bisa dijadikan oleh-oleh. Pilihannya ada gudeg kendil besar ayam utuh, gudeg kendil besar, dan gudeg kendil kecil.

5. Gudeg Mbak Yus

Bubur gudeg racikan Mbak Yus kesukaan Jokowi.Bubur gudeg racikan Mbak Yus kesukaan Jokowi. Foto: dok. detikFood

Rumah makan ini menjadi favoritnya Presiden Jokowi lho. Gudeg Solo dengan lauk opor ayam. Nasi atau bubur gudeg ini disajikan dengan lauk lengkap dan juga ditambahkan sambal terasi yang pedas.

Menu yang ditawarkan ada berupa nasi gudeg, bubur gudeg, dan ketan susu. Untuk isian gudegnya berupa telur, uritan, ayam dan ati ampela. Lalu ada juga ceker ayam yang pedas atau manis sebagai pilihan lainnya.

Harga yang dibandrol untuk bubur gudeg komplit dengan lauk opor ayam dihargai Rp 37.000. Kalau Anda ingin mencicipi ceker ayamnya, di Gudeg Mbak Yus ada dua rasa yaitu cakar manis dan cakar pedas. Kedua sajian ini dibanderol Rp 33.000.

Gudeg Mbak Yus
Jl. RA Kartini, Timuran
Banjarsari, Kota Surakarta
Jam buka: 21.30 – 12.00 WIB
Telepon: (0271) 2005859

Ikuti perkembangan liputan Jokowi Mantu, klik di sini.

Baca juga: Ini Gudeg Mbak Yus dan Markobar yang Akan Dinikmati Tamu Pernikahan Kahiyang (lus/odi)
FOKUS BERITA Kuliner Lezat Solo