Kuliner Lezat Solo

Ini 5 HIK atau Angkringan Enak di Solo, Nomor 2 Jadi Langganan Jokowi

Lusiana Mustinda - detikFood Sabtu, 04 Nov 2017 14:13 WIB
Foto: Istimewa
FOKUS BERITA Kuliner Lezat Solo
Jakarta - Berencana liburan ke Solo? Mampir saja ke angkringan ini. Menyajikan beragam sate enak dan wedangan hangat, salah satu warung angkringannya juga jadi langganan Jokowi.

Berwisata memang tak lengkap tanpa mencicip makanannya. Tidak hanya Jogja saja yang punya angkringan, Solo juga memiliki warung angkringan yang populer disebut dengan HIK. Anda bisa memilih beragam lauk, mulai dari nasi dengan isian orek tempe, nasi liwet hingga aneka sate kulit, sate hati ayam, sate usus serta telur puyuh.

Walaupun belum tahu darimana asalnya nama HIK, namun wong Solo sudah sangat paham. Konon, HIK berasal dari singkatan Hidangan Istimewa Kampung. HIK dalam bahasa Jawa juga bisa diartikan sebagai tempat duduk di emperan samping gapura kampung yang merupakan cikal bakal wedangan HIK yang selalu menempel di emperan.

Nah, kalau suka makan dengan suasana kampung. Yuk, cicip 5 angkringan populer dan cukup legendaris di Kota Solo.

Baca juga: Ini Dia 10 Tempat Makan Legendaris di Solo (1)

1. Wedangan Pak Dhie

Ini 5 HIK atau Angkringan Enak di Solo, Nomor 2 Jadi Langganan JokowiFoto: Istimewa

Salah satu menu yang populer di sini adalah nasi bandengnya. Ini jadi warung wedangan yang tertua di Solo karena usianya sudah puluhan tahun, kalau ke sini juga jangan melewatkan mencicip jahe cokelat yang bikin ketagihan. Lokasi wedhangan ini berada di area pintu belakang Keraton Mangkunegaran tepatnya di sebelah institut Tari Mangkunegaran, Solo.

2. Wedangan Pendhopo

Ini 5 HIK atau Angkringan Enak di Solo, Nomor 2 Jadi Langganan JokowiFoto: Istimewa

Bukan seperti warung biasa, Wedhangan ini berada dalam bangunan Joglo klasik dengan car putih. Suasana vintage bisa menemani Anda menikmati ragam nasi yang dibungkus dengan daun pisang dan disantap dengan sate telur puyuh, sate kulit hingga ayam yang dipadu dengan bumbu cokelat manis gurih. Warung ini adalah langganannya Presiden Joko Widodo. Lokasinya berada di area seberang Rumah Turi Hotel, Solo. Tepatnya di Jalan Srigading 1 no 7, Mangkubumen.

3. Wedangan Sri Rejeki

Ini 5 HIK atau Angkringan Enak di Solo, Nomor 2 Jadi Langganan JokowiFoto: Istimewa

Wedangan komplit dengan sajian dongo, sekoteng, dan aneka gorengan enak. Warung ini berada di area Gajahan, sekitar tembok keraton Kasunanan, Solo. Selain itu ada juga sajian ketan dengan paduan kuah santan manis yang enak dinikmati malam hari. Monggo mampir! Oh ya warung ini buka pada siang hingga tengah malam.

4. Wedangan PAKEM

Ini 5 HIK atau Angkringan Enak di Solo, Nomor 2 Jadi Langganan JokowiFoto: Istimewa

Wedangan satu ini bernuansa Pasar Tradisional karena terletak di lantai 2 pasar tradisional di Pasar Kembang. Alamatnya di Jalan Honggowongso, Pasar Kembang, Solo. Buka pada sore hari, tersedia pilihan makanan berupa nasi bandeng, nasi bakar atau sekedar ngemil cantik. Tidak seperti warung pinggir jalan, wedhangan PAKEM ini dikemas agak modern dan bisa jadi pilihan tempat nyaman untuk makan malam atau sekedar menikmati suasana kota Solo.

5. Wedangan Dongo Untung

Ini 5 HIK atau Angkringan Enak di Solo, Nomor 2 Jadi Langganan JokowiFoto: Istimewa

Warung wedangan berikutnya adalah Wedang Dongo Untung. Warung yang satu ini komplit menyajikan wedang dongo, sekoteng, asle dan masih banyak yang lainnya. Alamatnya ada di Jl RE Martadinata, area Warung Miri, Solo. Sudah ada sejak tahun 1955, wedangan ini jadi salah satu yang legendaris di Surakarta, Solo.

Baca juga: Mau Jajan Enak Seharian di Solo? Ini Rekomendasi Tempat Makan yang Sedep Mantep

(adr/lus)
FOKUS BERITA Kuliner Lezat Solo