Sedap Legendaris dari Solo

Ini Dia 10 Tempat Makan Legendaris di Solo (1)

Maya Safira - detikFood Kamis, 18 Feb 2016 13:17 WIB
Ilustrasi: Thinkstock
Jakarta -

​Mau makan enak di Solo, ada banyak pilihan. Dari jajanan kaki lima hingga restoran. Termasuk restoran legendaris yang sudah puluhan tahun. ​

Kota Solo terkenal punya makanan yang enak sekaligus murah. Beragam hidangan tradisional juga bisa dinikmati di Solo. Wajar saja Solo memiliki tempat makan legendaris yang masih ​melayani pembeli selama ​beberapa dekade. Berikut beberapa diantaranya.

1. Timlo Sastro



Foto: Detikfood
Timlo salah satu sajian yang bisa dicoba di Solo. Terdiri dari sup bening dengan isian beragam seperti daging ayam, ati ampela, sosis solo, kentang, dan telur pindang. Di Solo, biasanya timlo dimakan sebagai menu sarapan bersama nasi dan kerupuk kulit.

Salah satu tempat timlo terkenal adalah Timlo Sastro. Berdiri sejak tahun 1952, lokasinya berada di belakang Pasar Gede Timur. Buka dari pukul 06.00 sampai 15.00. Anda akan ditemani musik keroncong oleh sekelompok pengamen saat makan di Timlo Sastro.

Timlo Sastro
Jl. Pasar Gede Timur 1-2
Balong, Solo

2. Es Krim Tentrem



Foto: Trip Advisor

Di Indonesia ada beberapa toko es krim legendaris. Seperti Ragusa di Jakarta, Zangrandi di Surabaya dan Toko Oen di Malang. Solo pun punya Es Krim Tentrem yang sudah populer sejak tahun 1952.

Es Krim Tentrem punya andalan es krim bercitarasa klasik seperti Tutti Frutti dan Banana Split. Di sini pun ada rasa Robin Rose, Country Look, Pink Panther dan Rainbow.

Es Krim Tentrem
Jl. Urip Sumoharjo No. 97
Solo

3. Serabi Notosuman



Foto: Detikfood
Berbicara tempat legendaris, tentunya sulit melewatkan Serabi Notosuman. Toko kudapan ini sudah ada sejak tahun 1923 namun sampai sekarang masih ramai dikunjungi. Apalagi Serabi Notosuman jadi buah tangan favorit dari Solo.

Berbeda dengan Bandung, serabi di sini dihidangkan tanpa kuah. Varian rasanya juga terbatas pada original dan cokelat. Akan tetapi kenikmatan paduan tepung beras dan santan gurih wangi pada serabi selalu membuat kangen.

Serabi Notosuman
Jl. Mohammad Yamin No. 28
Solo

4. Warung Selat Mbak Lies



Ilustrasi: Detikfood
Selat Solo jadi salah satu incaran saat mampir ke kota di Jawa Tengah ini. Warung Selat Mbak Lies terkenal dengan selat Solo yang melegenda.

Menu selat Bestik di sini berisi paduan telur pindang, wortel, kentang goreng, buncis, selada, tomat, acar mentimun, irisan bawang merah dan mayonnaise. Ada banyak pejabat dan selebritis yang ikut menyampiri Warung Selat Mbak Lies.

Warung Selat Mbak Lies
Jl. Serengan No. 42
Solo

5. Tengkleng Mbah Sadhi



Foto: Tengkleng Mbah Sadhi
Solo identik dengan sajian tengkleng. Sajian dari tulang kambing ini bisa dimasak dengan santan atau tidak. Salah satu tempat legendaris menikmati tengkleng yaitu Tengkleng Mbah Sadhi. Tempat tengkleng ini sudah buka sejak tahun 1964.

Hingga kini Tengkleng Mbah Sadhi masih mempertahankan ciri khas tengkleng yang memakai kepala kambing dan tulang belulang. Proses masaknya pun menggunakan cara tradisional.

Tengkleng Mbah Sadhi
Cengklik 03/20
Nusukan, Banjarsari
Solo

(msa/odi)