Kuliner Lezat Solo

Ini Gudeg Mbak Yus dan Markobar yang Akan Dinikmati Tamu Pernikahan Kahiyang

Andi Annisa Dwi Rahmawati - detikFood Senin, 06 Nov 2017 16:30 WIB
Foto: dok. detikFood Foto: dok. detikFood
FOKUS BERITA Kuliner Lezat Solo
Jakarta - Gudeg Solo racikan Mbak Yus dan martabak Markobar akan jadi suguhan pernikahan Kahiyang. Para tamu sebaiknya tidak melewatkan hidangan istimewa ini.

Gibran Rakabuming Raka, juru bicara keluarga Jokowi untuk pernikahan Kahiyang dan Bobby sudah mengungkap menu yang akan disajikan di pernikahan adiknya. Semuanya khas Solo seperti gudeg Solo dan martabak Markobar.

Dari informasi yang diterima detikFood (6/11), adalah Gudeg Mbak Yus yang akan memanjakan lidah para tamu undangan. Gudeg di Jalan RA Kartini, Solo ini diracik Yustina sejak tahun 1992.

Ini Gudeg Mbak Yus dan Markobar yang Akan Dinikmati Tamu Pernikahan KahiyangGudeg Mbak Yus di Kawasan Cikini, Jakarta Pusat (Foto: dok. detikFood)

Yustina mengatakan keluarga Jokowi memang sudah jadi langganannya sejak lama. Bahkan sebelum Jokowi menjabat sebagai Wali Kota Solo.

Baca Juga: Mbak Yus: Ini Lho Bubur Gudeg Solo Berlauk Opor Ayam Favorit Presiden Jokowi

Nama Gudeg Mbak Yus makin terkenal usai jadi suguhan pertemuan Gibran dengan Agus Harimurti Yudhoyono di istana beberapa bulan lalu. Kala itu Gibran mengaku secara khusus menyiapkan gudeg dan bubur lemu untuk Agus.

Bukan hanya di Solo, Mbak Yus kini punya cabang di kawasan Cikini, Jakarta Pusat. Menu andalan gudeg dan bubur gudeg khas Solo dijajakan di sini.

Pilihan topping gudegnya beragam seperti telur, uritan, ayam dan ati ampela. Ada juga cakar atau ceker ayam pedas/manis sebagai pilihan. Bubur gudeg komplet dengan lauk opor ayam bagian paha atas kabarnya jadi favorit Jokowi.

Ini Gudeg Mbak Yus dan Markobar yang Akan Dinikmati Tamu Pernikahan KahiyangBubur Gudeg dengan Lauk Opor Ayam yang Jadi Favorit Jokowi (Foto: dok. detikFood)

Bubur gudeg sebenarnya tak ubahnya nasi gudeg. Hanya saja nasi diganti bubur yang teksturnya kental mirip bubur sumsum. Bubur rupanya dimasak bersama santan sehingga rasanya gurih.

Pelengkap bubur gudeg antara lain telur pindang, sambal goreng krecek, tahu, gudeg, dan opor ayam. Bubur yang hangat ternyata berpadu enak dengan gudeg. Opor ayamnya juga empuk dengan rasa gurih yang pas.

Yang bikin unik adalah krecek dan tahu di gudeg Mbak Yus. Kreceknya panjang sekitar 10 cm, sementara tahunya berupa lembaran tahu tipis yang merupakan tahu sutera goreng.

Para tamu undangan pernikahan Kahiyang dan Bobby juga bisa mencicip Markobar buatan Gibran. Sebanyak 400 porsi martabak akan dihidangkan.

Ini Gudeg Mbak Yus dan Markobar yang Akan Dinikmati Tamu Pernikahan KahiyangMartabak Manis 8 Rasa Buatan Markobar (Foto: Markobar)

Baca Juga: Markobar: Martabak Manis dengan Topping a la Pizza yang Super Legit

Martabak dibuat langsung di tempat sehingga tersaji hangat untuk para tamu. Gibran menghadirkan martabak manis 8 rasa. Penyajiannya mirip pizza, tanpa dilipat dan dipotong seperti martabak manis umumnya.

Topping martabaknya tergolong premium. Termasuk diantarannya Timtam Red Velvet, Nutella, Toblerone, Kitkat Green Tea, Silver Queen, Meisjes Ceres, keju, dan Kitkat cokelat.

Sementara untuk martabak telur, Gibran menjelaskan baru pertama kali mengeluarkannya sebagai hidangan di resepsi pernikahan. Kulit martabak telur crispy dan dibuat dengan telur pilihan sehingga rasanya dijamin mantap!

Ikuti perkembangan liputan Jokowi Mantu, klik di sini.

(adr/adr)
FOKUS BERITA Kuliner Lezat Solo