Kuliner Lezat Solo

Cabuk Rambak, Sate Kere dan Gudeg Solo Akan Dihidangkan di Pernikahan Kahiyang

Andi Annisa Dwi Rahmawati - detikFood
Senin, 06 Nov 2017 14:30 WIB
Foto: Bayu Ardi Isnanto/detikcom
Jakarta - Jelang pernikahan Kahiyang Ayu dan Bobby Nasution, suguhan pesta pernikahannya jadi perhatian. Semua menu khas Solo sudah disiapkan sang kakak, Gibran Rakabuming Raka.

Pernikahan Kahiyang dan Bobby tinggal menghitung hari. Digelar pada 8 November 2017, pesta pernikahan ini akan jadi pesta akbar yang dihadiri banyak tamu penting.

Untuk menjamu mereka, pihak keluarga Jokowi sudah menyiapkan aneka makanan Solo. Semua diatur oleh Gibran Rakabuming Raka, kakak Kahiyang yang juga pemilik usaha katering Chilli Pari di Solo.

Cabuk Rambak, Sate Kere dan Gudeg Solo Akan Dihidangkan di Pernikahan KahiyangCabuk Rambak, Salah Satu Menu Pernikahan Kahiyang dan Bobby (Foto: Istimewa)

Baca Juga: Nikmatnya Potongan Ketupat Disiram Saus Wijen dalam Cabuk Rambak

"Ada cabuk rambak, gudeg, sate kere, timlo, tengkleng, kambing guling dan ledre, Markobar manis sama asin. Ya makanan Solo semua," ujar Gibran di Solo pada Jumat (6/10) lalu.

Cabuk rambak sendiri adalah jajanan Solo yang mulai langka. Racikannnya terdiri dari potongan ketupat yang diiris agak tipis melebar lalu disiram sambal wijen. Biasanya dijajakan oleh pedagang keliling.

Untuk sate kere, Gibran memesannya dari Tugiyem dan Ngatmi. Sehari-hari keduanya gantian berdagang di Jalan Arifin, Kepatihan Kulon, Kecamatan Jebres, Solo.

Kepada detikcom (23/10), Ngatmi mengatakan dapat pesanan 4 ribu porsi sate kere untuk acara pernikahan Kahiyang dan Bobby. Ia juga mengaku Gibran melalui katering Chilli Pari sudah sering memesan sate kere dari dirinya.

Tiap porsi sate kere berisi tujuh tusuk sate yang terdiri daging sapi, jerohan, tempe kedelai dan gembus. Sate lalu disajikan bersama lontong dan sambal kacang.

Cabuk Rambak, Sate Kere dan Gudeg Solo Akan Dihidangkan di Pernikahan KahiyangSate Kere Yu Ngatmi yang Sudah Dipesan untuk Pernikahan Kahiyang dan Bobby (Foto: Bayu Ardi Isnanto/detikcom)

Yang juga disuguhkan di pernikahan Kahiyang dan Bobby adalah gudeg Solo. Gudeg kabarnya dibuat Mbak Yus yang memang jadi favorit Jokowi sejak dulu. Selain gudeg biasa, Mbak Yus juga sediakan bubur gudeg yang jadi andalan.

Baca Juga: Markobar: Martabak Manis dengan Topping a la Pizza yang Super Legit

Tamu pernikahan Kahiyang dan Bobby bisa menutup santapan dengan martabak buatan Markobar. Gibran mengatakan martabak kembali disajikan karena ada permintaan dari banyak orang.

Menu yang dihadirkan adalah martabak manis 8 rasa dan martabak telur. Lebih istimewa lagi karena martabak akan dimasak di tempat sehingga tamu bisa menikmatinya hangat-hangat.

Kahiyang dan Bobby akan melangsungkan pernikahan pada 8 November 2017. Acara ijab kabul dan resepsi akan dilaksanakan di gedung Graha Saba Buana, Solo.

Ikuti perkembangan liputan Jokowi Mantu, klik di sini.


(adr/adr)