Jamur White Truffle Kini Harganya Naik Dua Kali Lipat, Ini Sebabnya

Odilia Winneke Setiawati - detikFood Selasa, 31 Okt 2017 07:43 WIB
Foto: Istimewa Foto: Istimewa
Jakarta - Karena cuaca kering di musim gugur yang berlanjut, harga jamur white truffle makin tinggi. Jamur dari Italia ini kini dua kali lipat lebih mahal.

Selama hampir 60 tahun ini Italia mengalami cuaca kering di bulan Oktober. Akibatnya jamur white truffle harganya kini 4.500 Uero (Rp 71 juta) per kilogram. Sedangkan tahun lalu harganya 2.500 Uero (Rp 39.5 juta).

Bukan hanya harganya yang mahal hasil pencarian jamur inipun turun hingga 90%. Ada sekitar 200.000 pemburu jamur truffle yang terdaftar di Italia. Hasil buruan mereka inilah yang dijual di mancanegara.

Baca Juga : Jamur Truffle, Jamur Termahal di Dunia

Jamur White Truffle Kini Harganya Naik dua Kali Lipat, Ini SebabnyaFoto: Istimewa

Seperti diketahui jamur truflle baik yang putih muapun hitam merupakan jamur yang tumbuh di bawah tanah. Karenanya untuk mencari jamur ini diperlukan bantuan anjing untuk melacak keberadaan jamur.

'Kami berharap hujan turun dalam mingu-minggu ini. Harga jamur mahal karena cuaca yang tak menentu,' ungkap Coldiretti, dari organisasi pertanian nasional Italia seperti dikutip dari The Telegraph (27/10).

Jamur truffle ini perlu cuaca dingin dan lembap agar bisa bertumbuh dan berkembang. Karena mahalnya jamur ini seorang pemilik restoran, Alberto Bettini memasang peringatan tertulis buat pelanggannya.

Baca Juga : Wah, Walikota New York City Dihadiahi White Truffle Seharga 93 Juta Rupiah!

Jamur White Truffle Kini Harganya Naik dua Kali Lipat, Ini SebabnyaFoto: Istimewa

Harganya amat sangat mahal. Tahun kemarin ia menjual makanan dengan jamur truffle seharga 35 euro (Rp 553.000), tetapi tahun ini akan menjadi 55 euro (Rp 869.000). Bukan hanya di Italia, para pemilik restoran dan chef dari London, Inggris juga mendapat dampak dari kenaikan harga jamur ini.

Chef Claudio Milani, kepala chef di London hanya membeli 300 gram untuk pesta privat saja. Jamur white truffle memiliki aroma earthy unik yang tajam. Karenanya hanya diserut tipis saja untuk memberi aroma unik pada pasta, steak, burger, cokelat, saus hingga es krim.

Baca Juga : Mengapa Jamur Truffle Mahal Harganya? (odi/odi)