Mau Tetap Ramping? Mari Sarapan Pasta dengan Paduan Bahan Segar

Odilia Winneke Setiawati - detikFood Rabu, 25 Okt 2017 07:01 WIB
Foto: iStock Foto: iStock
Jakarta - Sarapan spaghetti atau makaroni? Kenapa tidak? Pasta bisa jadi pilihan sarapan sehat lengkap nutrisi. Hari ini dunia memperingati 'World Pasta Day'.

Ini karena pasta sebagai salah satu jenis makanan Italia begitu populer di dunia. Saat ini yang populer sebagai menu sarapan di Instagram adalah smoothies bowl dan alpukat. Namun, beragam jenis pasta bisa jadi pilihan sehat.

Menurut The Good Life riset yang diadakan pads tahun 2016 menemukan orang yang makan pasta punya indeks massa tubuh (BMI) lebih rendah, daripada yang tidak.

Baca Juga: Kentang dan Pasta Jadi makanan Idaman Ahli Nutrisi

Foto: iStock

Pasta sendiri terbuat dari durum wheat yang kaya akan serat. memberi rasa kenyang lebih lama dan cocok dikonsumsi bagi yang sedang berdiet. Jika ingin meracik pasta untuk sarapan, berikut 4 hal yang perlu Anda perhatikan.

1. Pilih jenis pasta sesuai selera dan pastikan pasta terbuat dari durum wheat atau tepung whole wheat sehingga Anda mendapatkan cukup asupan serat.

2. Tambahkan sayuran seperti kacang polong, jamur, tomat dan sayuran hijau lainnya.

3. Pilih saus tomat buatan sendiri yang rendah garam atau saus dari minyak olive yang ringan.

4. Tambahkan telur yang praktis dan mudah diolah. Selain menambah asupa nutrisi juga bisa membuat pasta lebih gurih atau kental. Sebagai tambahan bisa dicampur dengan keju.

Baca Juga: Resep Telur: Oemlet Makaroni

Foto: Detikfood

Dengan paduan bahan yang lengkap, pasta sangat ideal untuk sarapan. Dibandingkan dengan semangkuk sereal dan susu dingin. Selain diaduk dengan saus, pasta juga bisa dipanggang, atau dibuat omelet yang praktis dengan paduan bahan-bahan di atas.

Baca Juga : Bernarkah Pasta Membuat Tubuh Gendut? (odi/odi)