Siapa Sangka, Ternyata Bir Hingga Camilan Ini Dibuat dari Limbah Makanan!

Esther Suhana Abdurahim - detikFood Kamis, 12 Okt 2017 18:08 WIB
Foto: iStock Foto: iStock
Jakarta - Limbah makanan menjadi masalah serius di dunia. Akan tetapi tak selalu harus dibuang, limbah ternyata bisa diolah menjadi produk makanan dan minuman baru.

Baru-baru ini aktivis limbah makanan, melakukan pemanfaatan limbah makanan dengan berbagai cara. Ini dapat memanfaatkan limbah makanan agar bisa bermanfaat dan memiliki nilai jual tinggi. Dilansir dalam MNN (02/10), berikut ini beberapa pemanfaatan limbah makanan yang dibuat dari limbah.

Baca juga: Kurangi Limbah Makanan dengan Daur Ulang Makanan

1. Bir dari roti tua

Siapa Sangka, Ternyata Bir Hingga Camilan Ini Dibuat dari Limbah Makanan!Foto: Istimewa

Saat kafe ataupun toko roti memiliki sisa roti, tentu ini akan berakhir dengan sia-sia. Hampir tidak mungkin, roti sisa ini akan berujung rusak dan tak dimakan. Seperti yang dilaporkan sebelumnya, rumah tangga di Inggris membuat sekitar 24 juta potong roti setiap tahunnya. Kemudian muncul ide untuk membuat bir dengan menggunakan campuran roti sisa yang disebut dengan Toast Ale.

Di tangan Swain dan rekannya Tritram Stuart, bir diracik dengan sisaan roti yang sudah tak dikonsumsi. Stuart merupakan aktivis limbah pangan global. Toast Ale diproduksi oleh Hackney Brewery yang berlokasi di London timur terhitung sejak 28 Januari 2016. Bir tersebut dibuat dari roti sisa produksi yang diolah menjadi tepung roti. Tepung tersebut nantinya diolah bersama barley malt, hop dan ragi, sehingga membuat minuman tersebut memiliki rasa.

2. Camilan sehat

Siapa Sangka, Ternyata Bir Hingga Camilan Ini Dibuat dari Limbah Makanan!Foto: Istimewa

Selama bertahun-tahun, petani menghabiskan biji-bijian dari pabrik pembuatan bir untuk dibuat makanan ternak berkualitas tinggi. ReGrained menciptakan makanan ringan bergizi untuk manusia dalam bentuk "Bar Supergrain". Ini merupakan produk limbah dari kerajinan masyarakat setempat. Regrained berpendapat bahwa ini adalah pabrik pembuatan kerajinan skala kecil, namun banyak memiliki manfaat.

Pabrik-pabrik kecil di pusat perkotaan yang padat kurang ditempatkan untuk mendistribusikan limbah dari pabrik bir mereka yang dibelanjakan ke petani sekitar. ReGrained memiliki tujuan untuk menutup lingkaran limbah pembuatan bir, agar menciptakan produk makanan bernilai tinggi dari makanan sisa.

3. Jus

Siapa Sangka, Ternyata Bir Hingga Camilan Ini Dibuat dari Limbah Makanan!Foto: iStock

Banyak orang yang membuang makanan setiap hari. Dan yang lebih buruk adalah alasan mereka membuang makanan karena bentuknya yang tak sempurna atau cacat. Dari wortel yang cacat, apel yang tidak bersih, sebagian besar produk ini ditolak oleh distributor dan supermarke. Padahal jika dilihat dari segi rasa dan nutrisi masih sangat baik.

Itulah sebabnya Mistif Juicer didirikan, menciptakan jus enak yang tersedia di retail dan restoran di area metropolitan Washington D.C dan New York City dengan memanfaatkan buah dan sayur yang berntuknya tak sempurna atau cacat.

4. Acar dan selai

Siapa Sangka, Ternyata Bir Hingga Camilan Ini Dibuat dari Limbah Makanan!Foto: Village Vanguard

Sifatnya yang awet, acar dan selai selalu jadi cara untuk menyimpan produk dalam waktu yang lama. Biasanya, ini berarti bisa dibuat stok untuk persediaan di dapur. Rubies yang berbasis di Inggris menawarkan tradisio yang memanfaatkan kelebihan makanan dengan mengubahnya menjadi chutneys, saus dan acar yang bernilai tinggi.

5. Menjual kembali hasil produksi

Siapa Sangka, Ternyata Bir Hingga Camilan Ini Dibuat dari Limbah Makanan!Foto: Istimewa

Sudah menjadi hal umum, jika seseorang yang menyukai makanan lokal atau organik akan membeli makanan yang tak layak tapi kualitasnya masih baik. Organisasi ini biasanya diolah oleh peternakan dan kadang-kadang mereka bekerjasama dengan pemasok. Imperfect Produce menawarkan model yang sama, dengan membeli bahan makanan yang cacat atau tidak sempurna yang dihasilkan dari perkebunan kemudian mengirimkannya langsung ke konsumen di Bay Area, Los Angeles, Orange County dan Portland, Oregon.

6. Sup

Siapa Sangka, Ternyata Bir Hingga Camilan Ini Dibuat dari Limbah Makanan!Foto: Getty Images

Pernah membersihkan pantry Anda, kemudian memanfaatkannya menjad sup? BarstensVol yang berbasis di Belanda adalah organisasi setara dengan komersial dengan menawarkan segelas sajian siap saji dari zucchini, jamur, tomat dari hasil panen yang berlebuhan. Menawarkan sekantung untuk dua orang, resep BeastenVol dikembangkan secara khusus untuk menghasilkan produk secara teratur dari limbah makanan.

Baca juga: Ini 7 Trik Mudah Agar Tak Sering Buang-buang Makanan (lus/odi)
Load Komentar ...