Kaos Kaki Hingga Kantung Kertas Bisa Mempercepat Alpukat Masak

Esther Suhana Abdurahim - detikFood Rabu, 11 Okt 2017 20:11 WIB
Foto: iStock Foto: iStock
Jakarta - Alpukat Anda di rumah belum masak? Cobalah matangkan dengan cara ini. Salah satunya adalah dengan kaos kaki, kantung kertas hingga ditaruh dekat jendela.

Ada berbagai cara untuk membuat buah alpukat cepat matang. Dilansir dari The Daily Meal (09/10), cara ini dinilai sangat efektif untuk membantu mempercepat proses pematangan buah alpukat.

Baca juga: Wah, Ada Kaos Kaki Khusus Dirancang untuk Mematangkan Alpukat!

1. Kaus kaki alpukat

Kaos Kaki Hingga Kantung Kertas Bisa Mempercepat Alpukat MasakFoto: Daily Mail

Cara ini dijamin dapat membuat buah alpukat matang. Diprakarsai oleh seorang wanita bernama Diane Sherwood yang memiliki perusahaan katering di Vancouver, Colombia. Biasanya Diane mengeram alpukat yang kurang matang dengan menggunakan kaos kaki wol tua dalam sebuah kotak, sehingga bisa langsung digunakan dagingnya untuk membuat guacamole. Kemudian ia pun membawa ide ini ke suatu perusahaan.

Caranya Anda hanya perlu memasukan buah alpukat ke dalam kaos kaki bernama The Avocado Sock dan diamkan selama 24 jam, setelah itu buah alpukat sudah bisa Anda santap. Perusahaan yang berada di Kanada ini mengatakan produk mereka lebih unggul daripada metode DIY (Do It Yourself), "Lanolin alami dan kehangatan dari wol membuat alpukat matang merata dan lebih lembut, serta lebih cepat matang daripada menggunakan kantong kertas."

2. Kantong kertas dan menambahkan buah lain

Kaos Kaki Hingga Kantung Kertas Bisa Mempercepat Alpukat MasakFoto: Ilustrasi/thinkstock

Metode kantung kertas telah dicoba dan berhasil. Anda hanya perlu mengambil kantong kertas cokelat, masukkan buah alpukat Anda bersamaan dengan buah pisang, dan biarkan udara tetap bisa masuk ke dalam kertas kantongnya. Tinggalkan di tempat hangat seperti di oven dan alpukat Anda akan siap dalam satu atau dua hari.

3. Masukkan ke dalam oven

Kaos Kaki Hingga Kantung Kertas Bisa Mempercepat Alpukat MasakFoto: Tasty/iStock

Bungkus buah alpukat dengan menggunakan aluminium foil, usahakan seluruh bagian buah tertutup rapat. Masukkan buah alpukat yang telah dibungkus tadi ke dalam oven dan atur suhu menjadi 200 derajat fahrenheit atau 93 derajat celcius selama kira-kira 10 menit. Metode ini akan membuat buah matang lebih cepat karena aluminuim foil berfungsi merangsang gas etilen.

4. Memasukkan ke dalam kantung kertas

Kaos Kaki Hingga Kantung Kertas Bisa Mempercepat Alpukat MasakFoto: iStock

Buah alpukat akan matang kurang dari 24 jam jika Anda menggunakan metode ini. Hanya dengan mengambil kantong kertas berwarna coklat dan isi dengan tepung putih polos. Tempatkan alpukat Anda di kantong, pastikan buah alpukat Anda terendam di dalam tepung. Dan Anda cukup menunggu kira-kira satu hari hingga alpukat Anda matang!

5. Tempatkan di dekat jendela

Kaos Kaki Hingga Kantung Kertas Bisa Mempercepat Alpukat MasakFoto: iStock

Agar alpukat siap dikonsumsi dalam waktu sekitar 2 hari, Anda dapat menempatkannya di jendela. Cara ini akan membuat alpukat lebih cepat matang daripada sekedar meletakkannya di dapur. Periksa kematangan alpukat dengan menekan buahnya. Jika warna telah berubah dan daging terasa lebih lembut, maka alpukat siap untuk dimakan.

Baca juga: Buah Alpukat Masih Keras? Matangkan dengan 4 Cara Ini! (lus/odi)