Hati-hati! 6 Makanan Ini Bisa Bikin Blender Anda Rusak

Esther Suhana Abdurahim - detikFood Senin, 09 Okt 2017 19:44 WIB
Foto: GettyImages
Jakarta - Agar blender tak mudah rusak, sebaiknya ketahui cara pakainya. Tak semua makanan bisa dihaluskan dengan blender. Makanan ini justru bisa bikin blender rusak.

Tidak hanya cara pengoperasian blender, namun ada beberapa makanan yang perlu dihindari untuk dimasukkan ke dalam blender. Dikutip dalam Pure Wow, berikut ini makanan yang tak boleh dihaluskan dengan blender.

Baca juga: Agar Hasilnya Maksimal, Jangan Menghaluskan Bahan Makanan Ini dengan Blender

1. Es Batu

Hati-hati! 6 Makanan Ini Bisa Bikin Blender Anda RusakFoto: Thinkstock


Jangan masukan bongkahan es batu ke dalam blender Anda, karena itu sama saja mengambil risiko untuk merusak blender. Es batu memiliki tekstur yang keras dan berukuran besar akan dengan mudah berpotensi membuat pisau blender menjadi tumpul. Sebaiknya jika ingin memasukkannya dalam blender, hancurkan terlebih dahulu bongkahan es batu tersebut menjadi ukuran yang lebih kecil.

2. Mashed Potato

Hati-hati! 6 Makanan Ini Bisa Bikin Blender Anda RusakFoto: iStock


Tekstur kentang yang sudah dikukus atau direbus sangat mudah hancur saat diblender dan memang harus dibuat dengan cara manual. Jika diblender maka akan merusak rasa dari kentang itu sendiri saat dikonsumsi dan teksturnya menjadi sangat lembek. Jika ingin membuat mashed potato, sebaiknya gunakan alat khusus untuk menghaluskannya.

3. Sup krim panas

Hati-hati! 6 Makanan Ini Bisa Bikin Blender Anda RusakFoto: Thinkstock


Sup panas dalam blender akan membuat uap panasnya meledak menembus permukaan tutup blender. Jika ingin mengahluskan sup, pastikan Anda mendinginkan dulu sup sampai uap panasnya hilang, lalu jangan memasukan sup ke blender terlalu penuh.

Menghaluskan sup krim memang diperbolehkan menggunakan blender tapi bukan berarti sup panas yang baru saja matang dan mendidih bisa langsung dimasukan ke dalam blender.

4. Buah kering

Hati-hati! 6 Makanan Ini Bisa Bikin Blender Anda RusakFoto: ilustrasi/thinkstock


Buah kering seperti kurma, aprikot dan plum kering yang diblender akan meninggalkan sisa bahan yang lengket dan melekat di pisau blender. Tidak hanya sulit dibersihkan, sisa buah kering ini juga bisa merusak pisau blender Anda. Jika sangat mendesak dan harus menggunakan blender untuk menghaluskan bahan ini maka tambahkan air untuk membuatnya sedikit lebih lunak.

5. Peralatan

Hati-hati! 6 Makanan Ini Bisa Bikin Blender Anda RusakFoto: iStock/Telegraph


Saat proses pembuatan jus yang sedang dihaluskan terkadang Anda ingin mengaduk agar lebih merata menggunakan sendok atau semacamnya dengan keadaan blender masih dinyalakan. Hal tersebut bisa membuat sendok, bahkan blender itu sendiri rusak. Sebaiknya matikan terlebih dahulu lalu buka penutupnya dan aduk.

6. Adonan

Hati-hati! 6 Makanan Ini Bisa Bikin Blender Anda RusakFoto: iStock


Memasukkan adonan kue atau Anda ingin mencoba membuat roti menggunakan blender, kemungkinan besar akan menghasilkan tekstur yang terlalu keras. Adonannya tidak akan teraduk rata. Karena membuat adonan akan lebih tepat dengan menggunakan mixer dibandingkan blender.

Baca juga: Mau Beli Blender atau Mixer? Coba Kenali Fungsinya Dulu (msa/odi)

Redaksi: redaksi[at]detikfood.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com