Jajanan Ndeso

Tempe Gembus yang Empuk Menthul-menthul Kayak Kasur

Maya Safira - detikFood Kamis, 03 Agu 2017 19:16 WIB
Foto: Istimewa/Detikfood Foto: Istimewa/Detikfood
FOKUS BERITA Jajanan Ndeso
Jakarta - Tempe gembus biasanya ditemui di pasar tradisional Jawa. Meski harganya murah, tapi tempe ini enak diolah jadi berbagai hidangan.

Selama ini tempe yang dikenal luas berbahan utama kacang kedelai. Tapi ada juga tempe yang memakai ampas tahu.

Pembuatan tempe gembus memakai ampas tahu yang diolah dengan campuran ragi. Kemudian dibungkus dengan plastik dan difermentasi sampai jadi tempe gembus.

Baca juga: Apa Benar Tempe Gembus dan Tempe Bongkrek Nutrisinya Rendah?

Tempe gembus.Tempe gembus. Foto: Istimewa/Detikfood

Proses tersebut membuat tumbuhnya kapang atau jamur sehingga tampilnnya persis tempe kedelai. Sementara teksturnya lembut kenyal mirip tahu.

Karena hanya berbahan ampas tahu, kandungan nutrisi tempe gembus tergolong minim. Karena itu harganya pun murah.

Tempe gembus merupakan salah satu makanan khas Jawa. Di daerah Temanggung, tempe gembus biasa disebut juga tahu cokol atau tahu susur. Sebab tempe gembus dimasak layaknya tahu isi.

Sebenarnya ada banyak sajian yang bisa dimasak memakai tempe gembus. Misalnya goreng tepung seperti tempe kedelai. Selain itu, tempe gembus juga bisa diolah jadi bacem, lodeh, kuah sayur, tumisan dan lainnya.

Tempe gembus bacem juga terkenal di daerah Solo. Biasanya disajikan dengan sambal brambang arau bawang merah dan daun ubi rebus. Empuk manis gembus berpadu dengan sambal yang pedas manis!

Tempe gembus yang enak dipadu dengan bumbu gurih.Tempe gembus yang enak dipadu dengan bumbu gurih. Foto: Istimewa/Detikfood

Baca juga: Resep Tempe: Gembus Sambal Ebi

Meski enak, bila ingin membeli tempe gembus sebaiknya berhati-hati. Sebab ada yang beberapa yang kurang bersih dan sering membuat keracunan atau efek alergi.




(lus/odi)
FOKUS BERITA Jajanan Ndeso