Gurihnya 'Fried Chicken'

Anda Pilih Mana, Fried Chicken Harga Rp 16 Ribu-an atau Rp 7 Ribu-an?

Lusiana Mustinda - detikFood Senin, 24 Jul 2017 19:27 WIB
Foto: Lusiana Mustinda Foto: Lusiana Mustinda
Jakarta - Fried chicken semakin populer. Buktinya, tidak hanya gerai global tapi juga merek lokal yang mengusung konsep yang mirip. Tentu dengan harga yang bersaing!

Soal rasa, belum tentu harga fried chicken yang mahal masuk dalam selera Anda. Akan tetapi di tanggal 'tua' seperti ini, fried chicken dengan harga murah bisa jadi pilihan yang tepat.

Baca juga: Ada 3 Cara Makan Fried Chicken, Anda Tim yang Mana?

Fried chicken merek A.Fried chicken merek A. Foto: Lusiana Mustinda

detikFood membandingkan beberapa merek global dan lokal di Jakarta. Untuk merek global, detikFood mencoba dua merek berbeda yaitu A dan B. Untuk merek A, satu potong ayam goreng dibandrol dengan harga Rp 16.364 dengan satu porsi nasi Rp7.500. Ayam goreng atau fried chicken ini punya potongan daging bagian dada yang besar dengan lapisan tepung crispy. Rasanya gurih dengan telrihat bumbu yang dibalur dalam daging ayam.

Fried chicken merek B.Fried chicken merek B. Foto: Lusiana Mustinda

Untuk merek B, satu potong ayam goreng dibandrol dengan harga Rp 17.500 dengan seporsi nasi yang dijual dengan harga Rp 6.500. Hampir sama dengan merek A, tekstur dagingnya juga cukup juicy dengan lapisan tepung yang crunchy.

Fried chicken lokal gerai A.Fried chicken lokal gerai A. Foto: Lusiana Mustinda

Sedangkan untuk merek fried chicken lokal yang memiliki banyak franchise ini ternyata tak kalah enak. Membandingkan dua gerai, ternyata rasanya tak kalah enak. Harga di gerai lokal A aneka jenis fried chickennya dibandrol dengan harga yang berkisar Rp 7.500-Rp 10.000. Kami memesan paket sayap ayam plus nasi dengan harga Rp 11.500. Lapisan tepungnya garing dengan rasa daging gurih yang meresap hingga ke dalam.


Selain paket nasi ayam, gerai ini juga menjual potongan ayam goreng yang diberi lumuran saus berwarna cokelat pedas dengan tingkat level beragam. Ayam dengan saus ini dibandrol dengan harga Rp 13.000 , kalau ingin nambah nasi cukup tambah Rp 4.000.

Baca juga: Kenapa Ayam Broiler Paling Cocok untuk Fried Chicken?

Gerai fried chicken lokal B.Gerai fried chicken lokal B. Foto: Lusiana Mustinda

Dan gerai lokal B, kisaran harga ayam disini adalah Rp 7.000 hingga Rp 8.500. Untuk paha atas harganya Rp 8.500 dengan tambahan seporsi nasi Rp 4.000. Soal kerenyahan, fried chicken di gerai B ini juga tak kalah dengan yang lain. Adonan tepung yang crunchy dengan rasa yang gurih juga cocok dipadu dengan saus sambal.

Sehingga kesimpulannya, kedua gerai lokal ini juga rasanya enak tak kalah dengan gerai global. Yang membedakannya hanyalah, fried chicken global tempatnya lebih dan sangat mudah ditemukan karena cabangnya yang banyak. Sedangkan gerai lokal ini punya tempat yang tidak terlalu besar tapi sudah didesain lebih modern. Anda pilih yang mana? (lus/odi)