Pecahkan Rekor Burger Terbesar di Dunia, Pemilik Resto Punya Tujuan Mulia

Maya Safira - detikFood Selasa, 18 Jul 2017 09:18 WIB
Foto: Mallie's
Jakarta - Restoran di Amerika Serikat ini membuat menu burger terbesar di dunia. Pembuatan burger ternyata punya tujuan yang cukup mengharukan.

Mallie's Sports Grill & Bar di Michigan memecahkan rekor burger yang dijual secara komersial terbesar di dunia, lapor MLive (11/7). Berat dari pemecah rekor Guinness World ini adalah 813 kg.

Baca juga: Chef Asal Belanda Ini Incar Rekor Dunia dengan Burger Senilai Rp 30 Juta!

Mallie's Sport Grill and BarMallie's Sport Grill and Bar. Foto: Mallie's

Pemilik restoran, Steve Mallie, mendedikasikan rekor dunia tersebut untuk mendiang istrinya, Renee, yang wafat tahun lalu. Selain itu, sebagai hadiah ulang tahun untuk anak-anak perempuannya.

Foto mendiang istri Steve Mallie.Foto mendiang istri Steve Mallie. Foto: Mallie's

"Ini adalah memori seumur hidup untuk mereka. Berapa banyak anak mendapat burger hampir seberat 816 kg pada hari ulang tahunnya?," ungkap Steve.

Sebelumnya Mallie's pernah membuat rekor. Restoran pertama kali memecahkan rekor tahun 2008 dengan burger seberat 62 kg yang dianggap sudah besar saat itu. Mereka dikalahkan lima tahun lalu dengan burger seberat 352 kg.

Proses pembuatan burger raksasa.Proses pembuatan burger raksasa. Foto: Mallie's

Rekor pun kembali diraih pada 9 Juli lalu. Mallie's menyusun burger dari roti bun seberat 113 kg dan topping keju, tomat, daun selada serta acar yang beratnya 136 kg. Tinggi burger sekitar 91 cm dan lebarnya 152 cm.

Bagian dagingnya ternyata butuh waktu masak dua kali dari perkiraan. Sehingga total waktu masak sekitar 16, 5 jam.

Mallie's memakai oven khusus untuk membuat burger. Mereka perlu 1,5 bulan membangun oven tersebut.

Burger raksasa di timbang.Burger raksasa di timbang. Foto: Mallie's

Baca juga: Inilah 10 Burger dengan Harga Selangit di Amerika

Burger kini menjadi bagian dari menu Mallie's di Southgate yang dijual seharga $8.000 (Rp 106,5 juta). Bila mau memesan, perlu memberitahu restoran tiga hari sebelumnya. (lus/odi)