Kedai Kopi Kekinian

Sudah Ada Sejak 1927, Ini Es Kopi Susu Legendaris di Jakarta!

Lusiana Mustinda - detikFood Kamis, 06 Jul 2017 15:32 WIB
Foto: Good Indonesian Food Foto: Good Indonesian Food
FOKUS BERITA Kedai Kopi Kekinian
Jakarta - Es kopi susu kembali populer. Padahal di Jakarta, jenis minuman lokal ini sudah ada sejak tahun 1927. Yakni, Kopi Es Tak Kie yang ada di kawasan Glodok.

Kopi Es Tak Kie, pertama kali didirikan oleh seorang perantau dari China bernama Liong Kwie Tjong. Awalnya, kedai ini hanya sebuah warung kopi yang ada di kawasan Petak 9.

Baca juga: Racikan Es Kopi Susu yang Enak dengan Harga Terjangkau

Dikutip dalam website kopi es Tak Kie, nama Tak Kie sendiri berasal dari kata 'tak' yang artinya orang yang bijaksana, sederhana dan apa adanya. Sementara itu, kata 'kie' sendiri memiliki arti mudah diingat banyak orang.

Es kopi susu enak di Kopi Tak Kie.Es kopi susu enak di Kopi Tak Kie. Foto: detikFood

Kedai kopi ini punya varian kopi yang tak dimiliki gerai kopi lainnya yaitu es kopinya. Es kopi ini baru ada dan diciptakan oleh generasi ketiga yaitu Ayauw, anak dari Liong Tjoen (putra Liong yang merupakan generasi kedua). Berdasarkan sejarah kedai kopi ini, memasuki tahun 1976, Ayauw mencampur beberapa jenis kopi ke dalam satu wadah dan kini dikenal dengan "Es Kopi Tak Kie".

Racikan kopi legendaris ini dibuat dengan campuran kopi berjenis Robusta dan Arabika asli Indonesia. Ada yang dari Toraja hingga Sidikalang.

Racikan kopi dari beberapa daerah inilah yang membuat rasa es kopi ini selalu jadi incaran banyak orang. Kedai kopi bernuansa 'Tempo Doloe' ini sudah buka sejak pukul 6.30 hingga 14.00 siang.

Meracik es kopi susu.Meracik es kopi susu. Foto: manual.co.id

Baca juga: Mampir ke Kopi Tuku, Presiden Jokowi Ngopi 'Kopi Susu Tetangga'

Tak dijual malah, segelas es susu kopi dibandrol dengan harga sekitar Rp 11.000. Selain kopi, kedai ini juga punya beberapa pilihan makanan lain seperti nasi campur, nasi tim, bakmi ayam hingga bakmi bakso pangsit yang enak.

Kalau ingin datang ke sini, Anda bisa langsung pergi ke Gang Gloria, Jalan Pintu Besar Selatan III No. 4-6, Glodok, Jakarta Barat. (lus/odi)
FOKUS BERITA Kedai Kopi Kekinian