Pedas Segar Rujak

Gohu Berbahan Pepaya Muda yang Asam Segar dari Manado

Maya Safira - detikFood Jumat, 26 Agu 2016 09:40 WIB
Foto: Detikfood/Getty Images
FOKUS BERITA Pedas Segar Rujak
Jakarta - Di Manado ada sajian gohu berbahan pepaya muda. Mirip asinan, gohu berkuah asam pedas cocok menangkal udara panas!

Menyebut gohu mungkin timbul dua pikiran berbeda. Apakah gohu Manado atau justru gohu Ternate.

Tentu kedua hal itu sangat bertolak belakang. Gohu Manado merupakan rujak/asinan dari pepaya muda dan becitarasa segar. Sementara gohu Ternate berbahan dasar ikan mentah, layaknya sashimi Jepang.


Gohu khas Manado memakai bahan-bahan yang sederhana dalam pembuatannya. Bahan utamanya hanyalah pepaya muda yang diiris tipis sedikit memanjang atau diserut kasar.

Biasanya dipilih pepaya yang mengkal atau setengah matang. Sehingga teksturnya renyah dengan rasa sedikit manis.

Dalam pengolahan, pepaya dibersihkan sampai getahnya hilang. Baru pepaya diiris-iris.

Untuk bumbu gohu, cabai rawit merah, jahe, terasi Manado, dan garam dihaluskan bersama. Terasi Manado membuat rasa gohu kian unik dan beraroma cukup tajam. Kuah gohu yang encer juga jadi berwarna merah keunguan karena terasi itu.


Bumbu halus lalu diberi tambahan air dan gula pasir, dimasak sampai mendidih. Setelah diangkat dan didinginkan, kuah dicampur dengan cuka. Kemudian pepaya dimasukkan dalam kuah.

Paling enak menyantap gohu apabila bumbu kuahnya sudah meresap kedalam serat daging buah pepaya. Karena itu, sebaiknya gohu didinginkan dalam lemari es minimal 2 jam atau semalaman baru disajikan.


Tentu sangat nikmat menyantap gohu dingin-dingin. Membuat rasanya bertambah segar. Penasaran mencobanya? Yuk, buat gohu di rumah dengan mengikuti langkah-langkah ini.

(adr/odi)
FOKUS BERITA Pedas Segar Rujak

Redaksi: redaksi[at]detikfood.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com