Ekspedisi Langit Nusantara

Ada Nasi Pulut Unti dan Jus Gandaria yang Enak di Ambon

Maya Safira - detikFood Minggu, 24 Apr 2016 14:32 WIB
Foto: detikfood
Jakarta - Ambon punya banyak kuliner enak. Mulai dari nasi pulut unti sampai jus gandaria. Diolah dengan resep tradisional.

Mampir ke Ambon tentu tak lengkap tanpa mencoba kulinernya. Ambon terkenal akan hasil laut melimpah. Sehingga banyak sajian ikan enak dari tempat ini. Tak cuma itu, Ambon juga punya nasi bambu dan nasi pulut unti. Berikut beberapa diantara kuliner enak dan populer di Ambon.

1. Ikan asar sambal colo colo



Kuliner Maluku dan Papua tak begitu berbeda. Contohnya adalah ikan asar yang bisa ditemui juga di Ambon. Ikan asap ini biasanya memakai ikan cakalang atau tongkol. Untuk pembuatannya, ikan diasapi setelah ditusuk dengan bambu. Aromanya pun jadi begitu sedap.

Paling enak menyantap ikan asar dengan sambal colo-colo. Ibarat jodoh, kedua makanan sulit terpisahkan. Sambal mentah khas Ambon ini memakai bahan sederhana. Diantaranya lemon China, irisan bawang merah, potongan tomat, cabai rawit dan gula. Selain pembuatan yang praktis, rasanya juga pedas segar.

2. Ikan kuah kuning
Ikan kuah kuning jadi santapan populer di Papua dan Ambon. Namun ikan kuah kuning di Ambon memakai kenari.

Bumbunya biasa dari kunyit, kenari, jahe, sereh, laos, asam Jawa, tomat dan cabai. Sementara jenis ikannya dapat menggunakan ikan tuna.

3. Nasi bambu



Nasi bambu memakai bahan dasar beras ketan. Makanan gurih ini dikonsumsi sebagai makanan sarapan maupun sekedar camilan sore. Karena praktis, nasi bambu juga dapat menjadi bekal di perjalanan.

Untuk proses pembuatannya, nasi dimasak menggunakan buluh bambu. Caranya, bambu dilapisi daun pisang kemudian letakkan beras ketan yang sudah dicuci bersih. Selanjutnya tuangkan santan keatasnya sampai menutupi bagian beras ketan. Terakhir, cetakan bambu itu dibakar di atas bara api sampai matang. Biasanya nasi bambu dipotong-potong sebelum penyajian.

4. Sukun goreng
Sukun goreng termasuk camilan favorit di Ambon. Tekstur luarnya renyah dengan bagian lembut dan padat di dalam. Memakai sukun dari Ambon yang bercitarasa manis enak. Cocok juga dicocol dengan sambal belimbing.

5. Nasi pulut unti



Selain nasi bambu, ada pula nasi pulut yang bisa jadi menu sarapan. Terbuat dari beras ketan kukus yang dimasak bersama santan. Pelengkapnya berupa unti dari parutan kelapa yang dimasak bersama gula merah, daun pandan dan garam. Rasanya gurih manis dengan aroma wangi dari balutan daun pisang. Unti dapat diganti srikaya, sehingga jadi nasi pulut srikaya.

6. Jus Gandaria



Bila mencari minuman, Ambon punya jus gandaria berwarna jingga. Buah gandaria tumbuh banyak di sana. Sehingga sering disajikan di rumah makan Ambon. Rasanya paduan manis dan asam yang menyegarkan. Agak mirip dengan mangga.

Tertarik mencoba langsung aneka kuliner Ambon tersebut? Manfaatkan jaringan cepat internet untuk mencari makanan enak saat berada di Ambon.

"Ayo ikuti Ekspedisi Langit Nusantara dan jadilah saksi keindahan Bumi Indonesia." (msa/odi)

Redaksi: redaksi[at]detikfood.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com