Ragam Breakfast dan Brunch

Roti Bakar dan Telur Orak-arik, Sarapan Praktis yang Populer

Andi Annisa Dwi Rahmawati - detikFood Senin, 19 Okt 2015 13:32 WIB
Foto: Thinkstock
Jakarta - Sarapan kerap dilewatkan karena tak ada waktu. Padahal ada beberapa menu sarapan yang praktis dan mudah dibuat sebelum Anda beraktivitas.

Menu sarapan sebaiknya padat bernutrisi agar bisa memberi energi ekstra di pagi hari. Tak sulit memilih menu sarapan yang praktis dan mudah dibuat. Menyiapkan roti bakar dan telur orak-arik, misalnya, tak lebih dari 15 menit. Begitu juga dengan menu berikut ini.

1. Waffle



Menu sarapan ini padat bernutrisi, terlebih jika diberi topping menyehatkan. Adonan waffle terbuat dari tepung terigu, telur, susu, dan mentega. Waffle lalu diberi topping gurih berupa sosis tumis jamur. Bahan dan cara membuatnya ternyata tak sulit. Lihat resep lengkapnya di sini.

2. Roti bakar

Setangkup roti bakar hangat bisa jadi pilihan sarapan praktis dan mudah dibuat. Cukup siapkan beberapa lembar roti tawar, mentega, dan selai. Panggang roti sebentar di dalam wajan panas atau ​toaster​ hingga agak kering. Angkat, lalu olesi permukaan roti dengan selai favorit. Jika suka, bisa tambahkan keju ​parut ​atau taburan meisjes.

3. Nasi goreng



Nasi goreng jadi menu sarapan praktis paling favorit. Bagaimana tidak? Anda dapat memanfaatkan nasi sisa semalam untuk diolah jadi hidangan lezat di pagi hari. Membuatnya sangatlah mudah, nasi diaduk dengan bumbu seperti cabai merah, bawang merah, bawang putih, dan garam. Ada juga pilihan bumbu jadi yang lebih praktis. Tambahan telur mata sapi, bakso, ayam goreng suwir, dan lalapan mentimun membuat nasi goreng sehat mengenyangkan.

4. Oatmeal



Selain dipadukan dengan susu, oatmeal dapat dikombinasikan dengan buah-buahan dan yogurt agar rasanya tak membosankan. Cukup masak oat bersama susu di atas api hingga menyerupai bubur hangat. Oatmeal instan kini juga banyak dijual di pasaran dengan pilihan rasa beragam.

Untuk pilihan berbeda, overnight oat bisa dicoba. Caranya tempatkan oat dan aneka topping favorit dalam gelas tertutup atau botol selai, kemudian dinginkan dalam kulas semalaman. Keesokan harinya overnight oat dapat langsung disantap.

5. Telur



Telur kerap mendapat cap negatif karena dianggap tinggi kolesterol. Namun telur bisa dijadikan pilihan sarapan yang menyehatkan. Caranya, gunakan putih telur untuk membuat telur orak-arik. Hindari menambahkan garam dan pilih saus pedas sebagai penggantinya. Sajikan telur bersama dua lembar roti gandum panggang beroleskan 1 sdm selai kacang. Sarapan ini akan memberi energi ekstra di pagi hari.

(adr/odi)

Redaksi: redaksi[at]detikfood.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com