Kuliner Manado

Cakalang Fufu, Olahan Ikan Asap khas Sulawesi Utara yang Aromatik

Maya Safira - detikFood Selasa, 07 Apr 2015 15:16 WIB
Foto: Wikipedia
FOKUS BERITA Kuliner Manado
Jakarta - Manado terkenal dengan beragam sajian ikan bercitarasa pedas. Salah satu yang populer adalah cakalang fufu. Pada olahan ini, ikan cakalang diawetkan dengan pengasapan

Ikan cakalang (katsuwonus pelamis) merupakan komoditas perikanan dari perairan teluk di Indonesia. Ikan ini jadi incaran nelayan karena dianggap menguntungkan. Cakalang pun dijual dalam bentuk segar, beku, ikan kaleng, ikan kering atau ikan asap.

Di Sulawesi Utara, cakalang fufu jadi olahan ikan cakalang populer. Ikan cakalang segar diberi bumbu khusus, diasap kemudian dijepit menggunakan kerangka bambu. Proses pengasapan membuat waktu penyimpanan dan daya tahan ikan cakalang bisa lebih lama.

Untuk membuatnya, sisik dan jeroan ikan cakalang dibersihkan terlebih dahulu. Kemudian daging ikan cakalang dibelah dua dan dijepit kerangka penjepit bambu. Untuk mendapat warna asap yang menarik, daging ikan dibaluri garam dan bubuk soda dengan perbandingan 1:1. Ikan pun siap diasapi.

Saat dipanggang, panas api harus merata agar daging cakalang matang dan kering. Proses pengasapan memakan waktu empat jam, sedangkan pendinginannya memerlukan waktu dua jam.

Proses terus berlangsung sampai daging cakalang berubah warna jadi kemerahan yang menandakan sudah matang. Teksturnya pun sedikit empuk, kering dan tak berair. Bila proses pengolahan tepat, cakalang fufu ini bisa disimpan dalam suhu ruang selama satu bulan.

Lokasi produksi utama cakalang fufu ada di kota pelabuhan nelayan Bitung, Sulawesi Utara. Adanya pasokan berlimpah membuat warga pesisir Manado ikut mengawetkan ikan cakalang. Cakalang fufu pun jadi oleh-oleh khas kota Manado.

Cakalang fufu merupakan sajian favorit di Manado. Ikan asap bisa dipanaskan dan digoreng sebentar untuk dimakan bersama nasi serta sambal dabu-dabu.

Cakalang fufu dapat diolah pula untuk bahan masakan lain. Suwiran cakalang fufu banyak ditambahkan pada aneka hidangan seperti selada kentang, mi cakalang, nasi goreng, pampis, atau olahan rica.

Mau buat sajian dari cakalang fufu? Coba saja resep selada kentang cakalang fufu, sambal cakalang, cakalang asap lapis ketan, atau boboto cakalang.



(msa/odi)
FOKUS BERITA Kuliner Manado

Redaksi: redaksi[at]detikfood.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com