Indonesian Coffee Class

Ini Perbedaan Teknik Roasting Light, Medium dan Dark

Riska Fitria - detikFood Minggu, 21 Okt 2018 14:30 WIB
Foto: dok. detikFood Foto: dok. detikFood
Jakarta - Sebelum disajikan menjadi seduhan kopi nikmat, biji kopi harus melewati proses roasting. Roasting diketahui ada berbagai jenisnya, seperti light, medium dan dark.

Roasting merupakan proses penting, yang mana telah disebut kan Aris dari Indonesia Coffee Academy, sebagai proses mengolah biji kopi mentah menjadi matang. Proses roasting bisa dilakukan dengan profil yang berbeda.

Baca juga : Teknik Roasting dengan 3 Profil Dibahas Tuntas di Sini

Ini Perbedaan Teknik Roasting Light, Medium dan Dark Foto: dok. detikFood

Di acara Coffee and Cafe Workshop ini, peserta diajak melakukan roasting dengan 3 profil, yaitu light roast, medium, dan dark roast. Proses roasting tersebut dipandu dengan roaster handal, Woto dari Anomali Coffee.

Menurut Woto, masing-masing teknik roasting memiliki proses dan karakter yang berbeda. "Proses roasting light developmentnya sampai 1 hingga 2 menit kita keluarin dari roastingnya. Kalau medium sekitar 3 hingga 4 menit proses developmentnya baru bisa dikeluarkan. Tetapi untuk dark roast lebih panjang lagi prosesnya antara 7 sampai 8 menit" ujar Woto kepada Detikfood (21/10).

Ini Perbedaan Teknik Roasting Light, Medium dan Dark Foto: dok. detikFood

Lebih lanjut Woto menuturkan bahwa karakter biji kopi yang dihasilkan dari proses ketiga roasting tersebut juga berbeda.

"karakter light itu lebih asem rasanya, kalau medium lebih kompleks, rasa asemnya lebih banyak di medium. Tapi kalau dark roast yaa keluarnya pahit aja gitu" tambah Woto.


Tonton video: Wow! Bermodalkan Rp 80 Juta Sudah Bisa Buka Kedai Kopi

[Gambas:Video 20detik]



Sebagai roaster disalah satu cafe, Woto juga menjelaskan bahwa kedai-kedai kopi yang kekinian lebih banyak yang menggunakan teknik light atau medium. Namun, cenderung lebih ke teknik light.

Ini Perbedaan Teknik Roasting Light, Medium dan Dark Foto: dok. detikFood

Hal tersebut lantaran berhubungan dengan selera anak-anak millennial yang lebih menyukai manual brew sehingga banyak kedai kopi yang menggunakan teknik light roast.

Baca juga : Mau Buka Coffee Shop Sendiri Perhatikam Dulu 7 Hal Penting Ini




(adr/odi)