Special Tea Class

Kue-kue Tradisional Tampil Modern untuk Teman Menikmati Teh Hijau

Devi Setya - detikFood Minggu, 17 Des 2017 13:45 WIB
Foto: Special Tea Class Foto: Special Tea Class
Jakarta - Kue asin dan manis jadi jodoh teh hijau yang hangat segar. Apalagi kue-kuenya memakai teh dan disajikan cantik.

Menyeduh secangkir teh hijau dalam kantong teh tak perlu waktu lama. Kantong teh hijau 2Tang disiram dengan air panas 75 C dan didiamkan 3 menit lalu diangkat kantungnya. Teh hijau hangat siap dinikmati.

Baca Juga : Begini Cara Benar Seduh Teh Hijau untuk Hasil Maksimal

Kue-kue Tradisional Tampil Modern untuk Teman Menikmati Teh HijauFoto: Devi Setya

Untuk rasa maksimal, teh hijau tak disarankan ditambahkan gula. Supaya bisa menyesap aroma dan rasa asli daun teh. Lalu enaknya dinikmati dengan camilan apa ya?

Dalam acara 'Green Tea Xperience' yang digelar Detikfood dan Teh 2Tang kemarin (16/12), tim chef Nusa Gastronomy memberi suguhan istimewa, 9 jenis kue tradisional manis dan gurih.

Untuk menyambut peserta disajikan wedang secang dalam gelas champagne, disertai tahu gejrot, wingko babat dan putu ayu. Menariknya kue-kue disajikan dalam potongan mungil sekali suap.

Seperti tahu gejrot, potongan kecil tahu sutra digoreng dengan topping jelly dari saus tahu gejrot yang pedas gurih. Ketan bumbu digulung mini dengan isian di dalamnya. Mirip bolu gilung mini.

Kue-kue Tradisional Tampil Modern untuk Teman Menikmati Teh HijauFoto: Devi Setya

Dari kue-kue yang disajikan 3 diantaranya dibuat menggunakan teh 2 Tang. Ketiga kue ini adalah jasmine tea mousse, teh talua dan green tea brulee.

Teh talua merupakan minuam teh telur khas Minang. Diwujudkan dalam bentuk saus zabaglion memakai teh hitam. Tentu saja tampilan menarik dengan semburat rasa teh yang unik.

Kue ini sekaligus membuktikan jika teh bisa diolah menjadi dessert atau kue yang cantik. Nusa Gastronomy juga menyuguhkan beberapa jenis kue lainnya.

Kue-kue Tradisional Tampil Modern untuk Teman Menikmati Teh HijauFoto: Devi Setya

Ada ketan gulung, tahu gejrot, putu ayu, wingko babat, bakwan seafood dan kerak telor. Semuanya masih dalam bentuk 'baru' yang mungil dan cantik.

Meskipun semua kudapan ini merupakan penganan tradisional tetapi tampilannya modern. Ukurannya yang mini tidak menghilangkan cita rasa aslinya.

Saking penasaran dengan kue-kue cantik ini nyaris semua peserta tidak melahapnya. Tetapi memotret satu per satu kue dengan segala angle dan perlengkapan. Apalagi jika mereka mengunggah di akun Instagram, ada voucher belanja ratusan ribu rupiah yang bakal dibagikan. Wah, asyik!

Baca Juga : Ternyata Ini Teh Hijau Asli Indonesia yang Paling Enak Rasanya (lus/odi)