Mau Mulai Bisnis Makanan Plant-Based dari Nol? Intip Tipsnya

ADVERTISEMENT

Mau Mulai Bisnis Makanan Plant-Based dari Nol? Intip Tipsnya

Angga Laraspati - detikFood
Rabu, 30 Nov 2022 15:49 WIB
Makanan plant-based
Foto: Shutterstock
Jakarta -

Belakangan bisnis makanan berbasis nabati atau plant-based tengah populer, terutama di kalangan milenial. Hal ini tidak lepas dari perubahan gaya hidup masyarakat yang menjadi lebih sehat.

Tentunya ini menjadi peluang baik bagi kamu yang ingin mulai jualan jajanan kekinian, termasuk bisnis makanan sehat. Namun, bagaimana cara memulai bisnis makanan plant-based? Dilansir dari berbagai sumber inilah cara memulainya.

Riset

Hal pertama yang penting untuk dilakukan adalah melakukan riset pasar dan pastikan ada permintaan atau demand dari bisnis makanan plant-based yang akan dibuat. Untuk mendapatkan info tersebut kamu dapat melakukan survei pelanggan potensial.

Ketika potensial tersebut sudah bisa ditangkap, cobalah minta juru masak di bisnismu mengkreasikan makanan plant-based yang baru. Ketika inovasi tersebut berhasil, bukan tidak mungkin makin banyak orang yang datang ke bisnismu.

Modal Lebih Tinggi

Salah satu risiko yang harus kamu ambil untuk memulai bisnis plant-based ini adalah modal yang dibutuhkan lebih tinggi dari biasanya. Sebab, bahan baku organik atau bahan vegan punya harga yang lebih mahal.

Jadi siap-siap saja, karena untuk memulai bisnis vegan atau plant-based akan dikenakan biaya hingga 10% persen lebih banyak daripada biaya rata-rata membuka restoran biasa. Oleh karena itu, siapkan modal yang lebih besar agar bisnis ini bisa kamu jalankan.

Promosi

Menurut NRAI Food Services Report 2019, 44% konsumen berfokus pada pengeluaran gaya hidup berkualitas dengan memilih makanan sehat dan kaya nutrisi. Tentunya, ini menjadi ceruk pasar potensial yang bisa diambil untuk memulai ide jualan kekinian ini.

Meski tidak mudah, kamu bisa memulainya dengan memisahkan anggaran khusus untuk pemasaran. Adapun pemasaran yang bisa dilakukan adalah mencoba menu kreatif, mengadakan beberapa acara di restoran atau menjalankan sebuah kampanye pemasaran.

Variasikan Menu

Konsumen cenderung bosan dan mencoba tempat yang baru. Nah karena itulah kamu perlu mengikuti tren terkait perilaku konsumen. Jadi, cobalah buat menu yang menarik, tak hanya bagi para vegan tapi juga mereka yang non-vegan.

Untuk mengetahui tren tersebut, kamu bisa menganalisis hidangan favorit, atau remake makanan kekinian untuk dimodifikasi menjadi plant-based. Cara lainnya bisa dengan membuat sebuah menu terpisah untuk makanan berbeda pada waktu berbeda.

Bicara soal bisnis plant-based nggak hanya sebatas makanan saja kok, tapi juga minumannya. Kamu bisa mulai dengan mengganti campuran susu sapi dengan alternatif susu nabati, seperti susu kedelai.

Adapun salah satu rekomendasi yang bisa dicoba yaitu ABC Unsweetened Soymilk, susu kedelai dari ABC yang dibuat dengan 90% kedelai asli dan tanpa bahan pengawet. Selain sehat, susu kedelai ini punya rasa yang yummy.

Selain itu, susu kedelai dari ABC ini juga menggunakan plant based dan memiliki formula yang foamable, sehingga dapat dijadikan latte art untuk para pecinta kopi. Tak hanya itu, ABC Unsweetened Soymilk juga terbukti lebih nikmat.

Nah buat yang penasaran kelezatan minuman dengan campuran ABC Unsweetened Soymilk, kamu bisa coba menu kolabs ABC x CGV Cinema, yakni Salt Choco Hazelnut. Selain susu kedelai dari ABC, varian menu ini juga menggunakan ABC Gourmet Syrup Hazelnut.

Kedua bahan tersebut menghasilkan perpaduan yang sempurna, sehingga Salt Choco Hazelnut menjadi menu yang banyak digemari penonton CGV. Adapun menu spesial tersebut bisa kamu nikmati dengan harga Rp 30 ribu.



Simak Video "Cuan Aman Saat Gencar Promosi"
[Gambas:Video 20detik]
(prf/ega)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT