Mantap! Rujak Cingur Racikan Bu Bokin Jadi Favorit Gus Dur-Jokowi

ADVERTISEMENT

Mantap! Rujak Cingur Racikan Bu Bokin Jadi Favorit Gus Dur-Jokowi

Enggran Eko Budianto - detikFood
Rabu, 30 Nov 2022 14:30 WIB
Rujak Cingur Bu Bokin Jombang yang legendaris
Foto: Enggran Eko Budianto/detikJatim
Jombang -

Kenikmatan rujak cingur buatan Bu Bokin sukses memikat selera Gus Dur semasa hidup dan Presiden Joko Widodo (Jokowi). Paduan bumbu yang gurih, manis dan pedas dengan irisan cingur sapi bikin ketagihan!

Membicarakan makanan legendaris di Jombang, ada Warung Rujak Cingur Bu Bokin yang tak boleh ditinggalkan. Warung makan di Jalan Wisnu Wardhana No 44, Kelurahan Kaliwungu ini sudah beroperasi sejak 41 tahun silam.

Lokasinya mudah ditemukan karena persis di sebelah timur kantor Polsek Jombang. Warung ini buka mulai pukul 11.00 sampai 15.00 WIB.

Pengunjung begitu menyukai rasa bumbu rujak cingur di sini. Kental, gurih, manis dan pedas berpadu nikmat di dalam mulut. Bumbu diracik dan diulek langsung oleh pemilik warung, Alfiah (72) setiap kali pembeli datang dan memesan.

Rujak Cingur Bu Bokin Jombang yang legendarisBumbu rujak cingur diulek fresh begitu ada pesanan. Foto: Enggran Eko Budianto/detikJatim

Ia menggunakan racikan petis udang, kacang goreng, cabai rawit, bawang putih goreng, pisang batu, garam, dan gula merah. Untuk isinya ada mentimun, bengkoang, tahu tempe goreng, kangkung, dan kecambah rebus.

Tambahan lain tentu saja potongan cingur alias hidung sapi yang bikin rasa rujak ini makin nikmat. Irisan cingurnya diberikan banyak dengan tekstur empuk dan gurih.

Soal nama Bokin, nama ini diambil dari kependekan nama suaminya Masbukin (75). Mereka membuka warung rujak cingur sejak 1981.

"Kami buka sejak 1981, lokasinya ya di rumah sini, tidak pernah pindah," kata Alfiah kepada wartawan di lokasi, Kamis (27/10/2022).

Rujak Cingur Bu Bokin Jombang yang legendarisRacikan bumbu Rujak Cingur Bu Bokin Jombang yang jadi favorit banyak orang. Foto: Enggran Eko Budianto/detikJatim

Harga rujak cingur ini tergolong ramah di kantong, yakni Rp 18.000 per porsi. Sedangkan segelas es kolak bisa menjadi pendamping cukup dengan merogoh Rp 5.000 saja.

Tidak hanya masyarakat biasa yang menggandrunginya. Rujak Cingur Bu Bokin ternyata menjadi salah satu makanan favorit Gus Dur ketika pulang ke Kota Santri. Menurut Alfiah cucu pendiri Ponpes Tebuireng KH Hasyim Asy'ari itu kerap membeli rujak buatannya.

"Gus Dur terakhir beli tahun 2000 waktu pernikahan adik iparnya. Waktu itu pesan 60 bungkus dikirim ke Jalan Juanda di rumah Bu Sinta (istri Gus Dur, Sinta Nuriyah)," jelasnya.

Selain Gus Dur, Presiden Jokowi juga pernah tergiur mencicipi Rujak Cingur Bu Bokin pada 2018. Saat itu Presiden memesan rujak ini setelah meresmikan Museum Islam Nusantara KH Hasyim Asy'ari (Minha).

Rujak Cingur Bu Bokin Jombang yang legendarisRujak Cingur Bu Bokin Jombang pernah dicicipi Gus Dur dan Jokowi. Foto: Enggran Eko Budianto/detikJatim

Momen itu membuat Alfiah dan suaminya bisa bertemu langsung dengan Presiden Jokowi. Sebab saat itu ia diminta meracik rujak cingur di sebuah rumah makan di Jombang, yaitu tempat Presiden istirahat untuk makan siang.

"Pak Jokowi itu tahun 2018, pesan 100 porsi. Rujaknya dibawa ke Depot Nikmat, saya racik langsung di sana," tandasnya.

Baca artikel selengkapnya DI SINI.

(adr/adr)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT