Enak Rek! Rujak Cingur dan Rawon di Cipete Ini Kondang sejak 1971

ADVERTISEMENT

Uenak Poll! Kuliner Jawa Timur

Enak Rek! Rujak Cingur dan Rawon di Cipete Ini Kondang sejak 1971

Riska Fitria - detikFood
Minggu, 27 Nov 2022 12:00 WIB
Kantin Blauran Surabaya
Foto: detikcom/Riska Fitria
Jakarta -

Bagi arek Suroboyo yang rindu dengan rujak cingur, bisa mampir ke restoran di kawasan Cipete, Jakarta Selatan ini. Menunya beragam, termasuk rujak cingur hingga rawon.

Rujak cingur merupakan kuliner khas Surabaya yang terbuat dari cingur atau hidung sapi. Selain itu, diisi dengan sayuran, buah, lontong kemudian diracik pakai bumbu petis.

Mendengar bahannya terbuat dari cingur, mungkin membuat bergidik. Namun, rasanya enak dan kenyal. Rujak cingur khas Surabaya ini tersedia di restoran bernama Kantin Blauran Surabaya.

Restoran yang berlokasi di kawasan Cipete, Jakarta Selatan ini terbilang legendaris. Kepada detikcom (24/11/22) pemilik Kantin Blauran Surabaya itu mengatakan bahwa restorannya sudah berdiri sejak 1971.

Baca Juga: Sejarah Rawon Setan dan Rawon Kalkulator yang Populer di Surabaya

Kantin Blauran SurabayaKantin Blauran Surabaya berdiri sejak tahun 1971. Foto: detikcom/Riska Fitria

Lebih lanjut, ia mengatakan bahwa restoran ini awalnya didirikan dan dikelola oleh ibu mertuanya. Saat itu, ia sering membantu ibu mertuanya memasak, berjualan dan menghidangkan ke pelayan.

"Ibu mertua sudah wafat, jadi saya yang nerusin. Semua resep dari beliau," ujarnya.

Lokasi restorannya dekat dari stasiun MRT Cipete. Mungkin agak sulit ditemukan karena palang nama restorannya kecil. Masuk ke dalam restorannya, suasa vintage begitu terasa.

Foto-foto tempo dulu terpasang di dinding restoran. Selain itu juga ada pajangan antik, sehingga suasana rumahan sangat kental terasa. Untuk areanya tidak begitu luas.

Baca Juga: Resep Rawon Daging Surabaya yang Gurih Mantap Bumbunya

Kantin Blauran SurabayaKantin Blauran Surabaya menawarkan rujak cingur. Foto: detikcom/Riska Fitria

Hanya terdapat tiga meja berukuran besar dan beberapa kursi. Rujak Cingur (Rp 40.000) menjadi salah satu menu andalan di Kantin Blauran Surabaya. Porsi yang disajikan terbilang banyak.

Porsi ini bisa dinikmati hingga 2-3 orang. Seporsi rujak cingur dilengkapi dengan kangkung, tauge, bengkoang, mangga, tempe dan lontong. Bumbu petis yang berwarna hitam itu menambah cita rasa.

Gurih, asin dan sedikit manis terasa dalam sekali suapan. Untuk cingurnya terasa kenyal dan tidak ada aroma amis sama sekali. Kemudian, jangan lewatkan juga mencicip Rawon (Rp 40.000) di sini.

Begitu dihidangkan di meja, aroma kluwek tercium kuat. Warna kuahnya hitam pekat dan rasanya gurih asin. Isian dagingnya berupa potongan-potongan besar, berbeda dari rawon kebanyakan.

Kantin Blauran SurabayaKantin Blauran Surabaya menawarkan tahu telur. Foto: detikcom/Riska Fitria

Dagingnya empuk dan lembut, semakin lezat dimakan pakai kecambah yang segar dan memberikan tekstur berbeda. Tak kalah enak ada Tahu Telur (Rp 35.000) yang diracik pakai bumbu petis juga.

Tahu telur merupakan kuliner berupa tahu putih yang dipotong dadu kemudian digoreng dalam kocokan telur. Sekilas terlihat seperti omelet, kemudian diatasnya diberi bumbu petis.

Tahu telur tersebut disajikan dengan tauge rebus. Tahu telurnya renyah, gurih dan nikmati saat diaduk dengan bumbu petisnya. Untuk arek Suroboyo bisa mampir ke sini kalau mau mengobati kerinduan dengan kuliner kampung halaman.

Baca Juga: Resep Daging: Rawon



Simak Video "Gurih Berempah Rawon Kiroman di Malang"
[Gambas:Video 20detik]
(raf/adr)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT