ADVERTISEMENT

Sejarah Rawon Setan dan Rawon Kalkulator yang Populer di Surabaya

Riska Fitria - detikFood
Rabu, 13 Jul 2022 14:30 WIB
Rawon Setan: Uenak Poll! Rawon Daging Rawis Legendaris Surabaya Sejak 1952
Foto: detikfood
Surabaya -

Rawon begitu identik dengan Surabaya. Makanan berkuah hitam gelap ini punya sejarah menarik, termasuk menu rawon setan dan rawon kalkulator yang populer di sana.

Selain rujak cingur dan tahu tek, Surabaya punya makanan khas bernama rawon. Hidangan ini mudah dikenali dengan kuahnya yang gelap.

Ciri khasnya, rawon memakai keluak sebagai bumbu utamanya. Penggunaan keluak inilah yang memunculkan warna hitam sekaligus aroma dan rasa mirip kacang (nutty) pada rawon.

Rawon lalu diberi isian potongan daging empuk dan tauge kecambah. Biasanya juga diberi pelengkap taburan bawang goreng, sambal, telur asin, hingga kerupuk.

Menilik sejarahnya, rawon konon sudah ada lebih dari 1.000 tahun lalu. Nama rawon disebut rarawwan (sayur rawon) dalam prasasti Taji (901 M) yang ditemukan di dekat Ponorogo, Jawa Timur.

Rawon juga disebut-sebut sebagai makanan rakyat jelata, yang perlahan menjadi makanan para raja di zaman dulu kala. Sejak dulu rawon sudah dengan cirinya yang berkuah gelap ini.

Baca Juga: Resep Rawon Daging Surabaya yang Gurih Mantap Bumbunya

Rawon Setan: Uenak Poll! Rawon Daging Rawis Legendaris Surabaya Sejak 1952Rawon Setan salah satu yang terkenal di Surabaya Foto: detikfood

Dari sekian banyak menu dan penjual rawon di Surabaya, ada beberapa yang kemudian terkenal. Salah satunya Rawon Setan yang berlokasi di Jalan Embong Malang No 78/I.

Rawon di kedai tersebut terkenal dengan potongan dagingnya yang tebal dan empuk. Karena namanya sudah terkenal, rawon setan kerap menjadi jujukan wisatawan di Kota Pahlawan.

Banyak artis hingga pejabat yang juga penasaran untuk mencicipi rawon tersebut. Lantas kenapa disebut Rawon Setan?

Bukan karena sambalnya yang pedas menyengat seperti sambal setan, melainkan jam buka kedai ini pada zaman dulu yaitu dini hari.

Dahulu Rawon Setan buka mulai pukul 12 malam hingga 3 dini hari. Perintisnya adalah Mbah Musiati yang mulai berjualan tahun 1952. Ia melayani para pekerja malam yang kerap kelaparan.

Rawon Setan: Uenak Poll! Rawon Daging Rawis Legendaris Surabaya Sejak 1952Rawon Setan: Uenak Poll! Rawon Daging Rawis Legendaris Surabaya Sejak 1952 Foto: detikfood

Seiring waktu, kedai Rawon Setan semakin laris. Pemilik akhirnya putuskan pindah ke lokasi sekarang pada tahun 1990an. Mbah Musiati tak lagi berjualan karena kondisi kesehatannya menurun.

Akhirnya usaha tersebut diteruskan oleh cucu dan menantunya, salah satunya ibu Lusi. Saat ini Rawon Setan sudah seperti kebanyakan rumah makan rawon lain. Pengunjung bisa mencicipi sajian rawon di sini mulai pagi dan siang hari.

Baca Juga: Rawon Setan: Uenak Poll! Rawon Daging Rawis Legendaris Surabaya Sejak 1952

Selain Rawon Setan, ada juga Rawon Kalkulator yang kerap jadi perbincangan. Ada sejarah unik di balik penamaan kalkulator. Seperti apa ya kelezatan menunya?

Baca artikel selengkapnya DI SINI.

Baca Juga: Sejarah Rawon Khas Surabaya



Simak Video "Rawon Setan, Daging Sapi yang Empuk Berpadu Dengan Kelezatan Kuah Hitam yang Khas, Surabaya"
[Gambas:Video 20detik]
(raf/odi)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT