Rawon Setan: Uenak Poll! Rawon Daging Rawis Legendaris Surabaya Sejak 1952

Andi Annisa Dwi Rahmawati - detikFood Senin, 10 Mei 2021 14:00 WIB
Rawon Setan: Uenak Poll! Rawon Daging Rawis Legendaris Surabaya Sejak 1952 Foto: detikfood
Surabaya -

Tak sulit menemukan rawon enak di Surabaya. Kalau mau cicip rawon legendaris, mampirlah ke Rawon Setan di Jalan Embong Malang. Racikannya sudah tersohor sejak 1952!

Rawon selalu masuk daftar kuliner yang wajib dicicipi saat mengunjungi Surabaya. detikfood bersama tim Hyundai Ioniq Electric yang mengunjungi kota pahlawan pun tak mau lewatkan cicip rawon enak.

Kami tertarik menyambangi Rawon Setan yang lokasinya tepat di seberang hotel JW Marriott Surabaya, tempat kami menginap. Terlihat rumah makan ini sudah dipadati pengunjung di jam makan siang saat kami menyambanginya sebelum bulan puasa (4/4).

Rawon legendaris di Surabaya

Rawon Setan: Uenak Poll! Rawon Daging Rawis Legendaris Surabaya Sejak 1952Rawon Setan: Uenak Poll! Rawon Daging Rawis Legendaris Surabaya Sejak 1952 Foto: detikfood

Rawon Setan rupanya termasuk rawon legendaris di Surabaya karena sudah berdiri sejak 1952. Kepada detikfood (4/4), ibu Lusi selaku pengelola Rawon Setan bercerita soal usaha keluarga ini.

Ibu Lusi merupakan menantu pendiri Rawon Setan, Ibu Musiati dan Bapak Sadiyo. Menurutnya, resep Rawon Setan dibuat oleh Ibu Musiati sendiri.

"Bapak membantu ibu waktu itu. Lokasi warung rawon pertama di seberang, sebelum jadi JW Marriott. Kalau di lokasi sekarang, pindah sekitar tahun 1990," katanya.

Mengenai nama 'Setan', ibu Lusi mengatakan ini lantaran dulu warung rawon mertuanya buka malam hingga dini hari. "Dulu jualnya malam-malam, buka pukul 12 malam sampai pukul 3 dini hari sudah habis," lanjutnya.

Kenikmatan semangkuk Rawon Setan

Rawon Setan: Uenak Poll! Rawon Daging Rawis Legendaris Surabaya Sejak 1952Rawon Setan: Uenak Poll! Rawon Daging Rawis Legendaris Surabaya Sejak 1952 Foto: detikfood

Seporsi nasi rawon pisah dibanderol Rp 38.000. Rawonnya berisi lima potong daging rawis atau iga berukuran sedang. Ada juga taburan bawang goreng di dalamnya.

Untuk nasinya dihidangkan bersama tauge pendek plus sambal terasi di sisi samping. Wah! Aroma gurih semerbak dari rawon bikin kami tak sabar mencicipinya.

Kuah rawonnya sendiri berwarna cokelat kehitaman dengan konsistensi tidak terlalu kental maupun encer. Rasa gurihnya terasa pas di lidah kami dengan sentuhan rasa 'nutty' keluak yang juga tidak terlalu pekat.

Hal yang bikin kami jatuh cinta adalah keempukan daging rawon di sini. Saking empuknya, tak butuh banyak usaha untuk mengoyaknya.

Karena memakai daging rawis atau iga, masih terselip juga lapisan lemak yang juicy pada daging. Rawon Setan makin enak ditambahkan sambal merah cair di sini.

Kalau mau tambah lauk, Rawon Setan menyediakan paru goreng (Rp 25.000), tempe goreng, dan perkedel. Tak ketinggalan telur asin dan daging empal.

Baca Juga: Liburan ke Surabaya, Jangan Lupa Nyicip Rawon Enak

Selanjutnya
Halaman
1 2

Redaksi: redaksi[at]detikfood.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com