10 Kuliner dan Makanan Khas Surabaya, Rawon Setan Paling Dicari

Niken Widya Yunita - detikFood Minggu, 29 Des 2019 08:00 WIB
Foto: iStock/10 Kuliner dan Makanan Khas Surabaya, Rawon Setan Paling Dicari
Jakarta - Kamu lagi liburan akhir tahun di Surabaya? Jangan sampai ketinggalan kuliner dan makanan khas Surabaya ya.

Cobalah kuliner dan makanan khas Surabaya yang pedas, gurih, dan manis. Sekali makan, kamu akan kangen untuk mencobanya lagi.

Berikut kuliner dan makanan khas Surabaya:

1. Rawon Setan

Rawon merupakan salah satu kuliner dan makanan khas Surabaya yang paling dicari. Kekhasan warna dan rasa menjadi alasannya.

Salah satunya Rawon Setan Embong Malang. Di sini potongan daging dalam ukuran yang besar, kuah yang segar, dan melimpah, serta sayuran segar untuk menambah kenikmatan.

Beberapa artis ibu kota dan gubernur pernah makan di warung ini. Hal ini terpampang jelas di foto-foto yang dipajang. Warung Setan ini berlokasi di Jl. Embong Malang No. 78I, Genteng, Surabaya.

2. Warung Kepiting Cak Gundul

Ke Surabaya nggak afdol kalau tidak mampir ke Warung Kepiting Cak Gundul. Tempat ini sudah legendaris. Lokasinya di Jalan Raya Kupang Indah No. 45 C-D, Sonokwijenan, Suko Manunggal, Sonokwijenan, Suko Manunggal, Surabaya. Menu favorit pengunjung yakni kepiting bumbu kare dan kepiting asam manis.

3. Warung Bebek Tugu Pahlawan

Arek Suroboyo pasti sudah hafal tempat ini. Bertempat di seberang Tugu Pahlawan dan berupa warung tenda. Meski berupa warung tenda, tempat ini selalu penuh dengan pengunjung yang ingin menikmati bebek ditambah nasi hangat dengan sambel pedasnya. Mantul!

4. Lontong Balap

Kuliner dan makanan khas Surabaya berikutnya yakni lontong balap. Makanan ini terdiri dari potongan lontong, tahu goreng, lentho plus taoge yang melimpah dan disiram kuah.

Konon sejarah singkat dinamakan lontong balap karena penjualnya menggunakan pikulan untuk menjajakan dagangannya. Lantaran berat, penjual berjalan dengan tergesa-gesa seperti sedang balapan.

5. Rujak Cingur

Rujak cingur terdiri dari lontong, taoge, kangkung, tahu, tempe, cingur, dan buah-buahan. Keunikannya kuliner khas Surabaya ini yakni menggunakan cingur alias hidung kerbau sebagai bahan utama. Makanan yang disebut-sebut paling enak ini kemudian disiram bumbu petis.


Selanjutnya
Halaman
1 2