Gurih Segar! Sop Senerek Bu Atmo Magelang Sejak Tahun 1960-an

ADVERTISEMENT

Gurih Segar! Sop Senerek Bu Atmo Magelang Sejak Tahun 1960-an

Eko Susanto - detikFood
Selasa, 01 Nov 2022 13:30 WIB
Saat berkunjung ke Magelang, rasanya kurang lengkap jika tidak mencoba kuliner yang satu ini. Namanya sop senerek, yang merupakan kuliner khas Kabupaten Magelang.
Foto: Eko Susanto/detikJateng
Kabupaten Magelang -

Di Magelang ada kuliner legendaris yang patut kamu coba. Namanya Sop Senerek Bu Atmo yang menawarkan semangkuk sup kacang merah berkuah kaldu segar sejak lebih dari 60 tahun lalu.

Sop Senerek Bu Atmo tentu tak asing untuk orang Magelang asli. Kuliner ini tergolong legendaris karena sudah ada sejak tahun 1960-an.

Warung makan ini tidak punya cabang sama sekali. Lokasinya hanya satu, di Jalan Pangeran Mangkubumi No 3 Cacaban, Kota Magelang atau berada di kawasan Jendralan.

Sejak dulu sampai sekarang, racikan Sop Senerek Bu Atmo masih sama. Penjual bahkan tetap mempertahankan cara masaknya yang tradisional yaitu menggunakan tungku.

Baca Juga: Slurpp! Segarnya Es Pleret Depot Es Semanggi Sejak Tahun 1960an

Kuliner khas Magelang, sop senerek yang dibuat dari bahan kacang merahKuliner khas Magelang, sop senerek yang dibuat dari bahan kacang merah Foto: Eko Susanto/detikJateng

Sop senerek sedikit berbeda dari sop kebanyakan. Jika biasanya sop menggunakan kuah bening, sop ini menggunakan kuah kaldu yang diracik sendiri. Inilah yang menjadi keistimewaan sop senerek Mbah Atmo.

"Mbah Atmo mulai buka di sini sekitar tahun '60-an sampai sekarang. Bahan utama sop senerek, kacang merah, ada bayam, wortel, ada daging sapi. Ada juga yang minta pakai babat atau ayam (daging). Sini keistimewaan kaldu bikinan sendiri," kata Widiyanti (45), salah satu pekerja di Sop Senerek Mbah Atmo, Jumat (28/10).

Saat ini Mbah Atmo (90), kesehariannya dibantu para keponakan dan 10 karyawan. Bagi kamu yang ingin mencicipi gurihnya sop senerek, warung Bu Atmo buka setiap hari mulai pukul 07.00 sampai 16.00 WIB.

"Sehari kacang merah habis antara 6 sampai 7 kilogram, terus wortel 12 kilogram. Yang membedakan kalau sini bikin kaldu sendiri. Kaldu dari babat iso, daging," tuturnya seraya menyebut memakai bumbu rempah-rempah komplet.

Kuliner khas Magelang, sop senerek yang dibuat dari bahan kacang merahPenjual bahkan tetap mempertahankan cara masaknya yang tradisional yaitu menggunakan tungku. Foto: Eko Susanto/detikJateng

Baca Juga: Grubi, Camilan Ubi Jalar yang Renyah Manis Khas Magelang

Harga per porsi sop senerek masih tergolong terjangkau. Untuk yang isinya pakai bayam, wortel, dan daging sapi, harganya Rp 25.000. Lalu kalau pakai babat iso Rp 19.000 dan isi daging ayam juga Rp 19.000.

Sop Senerek Bu Atmo rupanya pernah dicicipi banyak tokoh terkenal. Misalnya Gubernur Jateng Ganjar Pranowo, aktor Ibnu Jamil, almarhum Bondan Winarno, dan yang lain-lainnya.

detikJateng pun mencoba mencicipi sop legendaris tersebut. Aroma kaldu yang sedap langsung tercium sesaat pesanan tiba. Ada beberapa menu yang detikJateng ganti. Seperti daging yang diganti dengan telur dan beberapa menu lainnya.

Bagaimana ciri khas rasa kaldu dan isian sop senerek? Baca artikel selengkapnya DI SINI.

Baca Juga: Mencicipi Gurihnya Sop Senerek Bu Atmo, Kuliner Khas Magelang



Simak Video "Pecak H Agus: Nyempil di Gang, Rasa Nendang"
[Gambas:Video 20detik]
(raf/adr)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT