Nasi Becek hingga Sego Banting, 6 Makanan Khas Nganjuk yang Sedap Mantap

ADVERTISEMENT

Nasi Becek hingga Sego Banting, 6 Makanan Khas Nganjuk yang Sedap Mantap

Tim detikJatim - detikFood
Kamis, 20 Okt 2022 13:30 WIB
nasi becek mentok tuban
Foto: Revica Jausafadlina
Nganjuk -

Kulineran di Jawa Timur tak ada habisnya. Jika kamu menyambangi Nganjuk, jangan lupa cicip nasi becek hingga sego banting yang terkenal nikmat. Ini dia rekomendasinya!

Pencinta kuliner mungkin sudah tidak asing dengan makanan khas Surabaya dan Malang, tapi bagaimana dengan Nganjuk yang juga ada di Jawa Timur? Di Kota Angin ini ada banyak makanan khas yang layak dicoba.

Beberapa nama makanan ini bahkan unik seperti nasi becek dan sego banting yang mencirikan tampilan serta penyajiannya. Lalu ada juga makanan khas Nganjuk berupa camilan manis.

Berikut detikJatim merekomendasikan 6 makanan khas Nganjuk:

1. Nasi Becek

Sekilas, Nasi Becek mirip dengan Gulai Kambing. Sebab, bahan dasarnya memang daging kambing dan kuah rempah. Namun, keduanya ternyata serupa tapi tak sama.

Nasi Becek tidak hanya berisi daging kambing, namun juga ada jeroan seperti babat. Lalu, Nasi Becek cenderung manis dan tidak asin.

2. Nasi Tumpang

nasi sambal tumpang untuk sarapanFoto: Instagram

Nama kuliner ini mirip dengan Pecel Tumpang di Kediri. Keduanya memang berbahan dasar sambal tumpang atau tempe yang difermentasi.

Namun, penyajian sayurnya tidak sebanyak Pecel Tumpang. Sementara itu, pad Nasi Tumpang, pemakaian sambal tumpangnya juga relatif lebih banyak.

3. Asem-asem Kambing

Resep Asem-asem Iga KambingFoto: detikfood/odilia

Selain Nasi Becek yang berbahan daging kambing, Nganjuk juga punya Asem-asem Kambing. Rasanya tak kalah nikmat dengan paduan rasa gurih segar.

Makanan khas Nganjuk ini terbuat dari daging kambing dengan paduan kuah berbahan daun kedondong dan rempah-rempah. Paduan semuanya menciptakan cita rasa yang segar.

4. Sego Banting

Jika melihat namanya, Sego Banting terlihat seperti nasi yang dibanting. Konon, penjual nasi banting dulunya kerap membanting bungkusan makanan ini. Dari proses inilah lahir ide pemberian nama Sego Banting.

Sego Banting berporsi mungil, mirip Nasi Kucing. Beberapa sendok nasi dipadu aneka lauk, tempe, dan sambal. Kuliner ini pun kerap dijual malam hari.

5. Dumbleg

Sebagian warga luar kota Nganjuk mungkin akan asing dengan kuliner ini. Sejatinya, Dumbleg adalah salah satu jenis makanan penutup atau camilan yang berbahan dasar tepung beras atau ketan, lalu dicampur dengan gula jawa dan santan.

Istimewanya, adonan Dumbleg dibungkus dengan pelepah jambe. Cita rasanya cenderung manis dan teksturnya lengket seperti dodol. Makanan khas Nganjuk inipun sayang dilewatkan

6. Sate Kenul

sate kenuol kuliner khas nganjukFoto: 20Detik

Selain Nasi Becek dan Asem-asem Kambing, daging kambing juga diolah menjadi makanan khas Nganjuk lainnya. Namanya Sate Kenul yang memikat selera.

Makanan khas Nganjuk ini terbuat dari daging kambing yang dicampur parutan kelapa muda, cabai rawit, dan gula pasir. Kemudian, sate digoreng dan disajikan dengan kuah yang berbahan rempah-rempah. Nikmat!

Baca artikel selengkapnya DI SINI.



Simak Video "Bikin Laper: Resto Pasta Mungil yang Hits di Kemang"
[Gambas:Video 20detik]
(adr/adr)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT