Kriuk Renyah! Keripik Tempe Jadi Produk Unggulan 8 Daerah Jatim Ini

ADVERTISEMENT

Kriuk Renyah! Keripik Tempe Jadi Produk Unggulan 8 Daerah Jatim Ini

Tim detikJatim - detikFood
Sabtu, 03 Sep 2022 10:30 WIB
Produsen keripik tempe di Tulungagung memilih tidak menaikkan harga jual, meski harga kedelai meroket. Mengapa demikian?
Foto: Adhar Muttaqin
Surabaya -

Keripik tempe adalah salah satu olahan tempe populer. Teksturnya yang garing renyah membuat banyak orang ketagihan. Di Jawa Timur (Jatim), kamu bisa menemukan keripik tempe enak di 8 daerah ini!

Keripik tempe kerap jadi oleh-oleh makanan populer saat menyambangi daerah tertentu. Di kawasan Jawa Timur (Jatim), keripik tempe sangat mudah ditemukan.

Beberapa daerah bahkan terkenal sebagai penghasil produk tempe. Warga lokal bakal mengemas keripik tempe dengan apik sehingga awet dan bertambah nilai jualnya.

Di mana saja daerah Jatim penghasil keripik tempe? Berikut daftarnya:

1. Malang

Malang bukan hanya kota apel, melainkan juga kota aneka kuliner tempe. Salah satu produk yang terkenal, keripik tempe. Sejumlah sentra penghasil tempe di Malang juga menjadi daerah penghasil keripik tempe.

Dilansir dari situs Diskopindag Pemkot Malang, ada 7 daerah penghasil tempe di Kota Malang. Ketujuhnya adalah Kelurahan Purwantoro, Kelurahan Bunulrejo, Kelurahan Pandanwangi, Kelurahan Lesanpuro, Kelurahan Merjosari, Kelurahan Tulusrejo dan Kelurahan Mulyorejo.

Sedangkan yang menjadi sentra penghasil tempe terkenal adalah Kampung Sanan, Kelurahan Purwantoro Kecamatan Blimbing. Sentra Tempe Sanan kabarnya sudah ada sejak sebelum kemerdekaan Indonesia.

Tidak jelas kapan pembuatan tempe dimulai, akan tetapi menurut cerita penduduk setempat, keberadaan kerajinan tempe di Sanan dimulai sekitar tahun 1940-an.

Anda pun bisa mendapatkan keripik tempe Malang di sejumlah toko oleh-oleh. Rasanya pun terkenal gurih dan sedap.

2. Pasuruan

Setelah terpuruk akibat pandemi COVID-19, kini sejumlah pengusaha jajanan Trenggalek mulai bangkit. Menjelang Lebaran, jumlah pesanan mulai mengalami peningkatan.Foto: Adhar Muttaqin/detikcom

Salah satu sentra penghasil keripik tempe di Pasuruan adalah Desa Parerejo, Purwodadi, Kabupaten Pasuruan. Lokasinya berbatasan dengan Kabupaten Malang.

Dilansir dari Jurnal Abdimas Teknik Kimia UPNV-Jatim, jumlah pembuat tempe di Desa Parerejo mencapai 107 kepala keluarga (KK). Mereka tersebar di tiga dusun yaitu dusun Belimbing, Ngaglik, dan Paretinep.

Tempe yang dihasilkan merupakan produk unggulan di desa setempat selain pertanian. Di sisi lain, keberadaan perajin tempe di desa tersebut menjadikan Desa Parerejo dikenal luas sebagai "Kampung Tempe".

Perkembangan aneka olahan pangan membuat perajin tempe melakukan inovasi. Tadinya mereka sekadar membuat dan menjual tempe mentah, kemudian membuat olahan tempe seperti keripik tempe.

Rasa tempe olahannya pun dikenal enak dan gurih. Anda pun bisa mampir ke sana untuk membelinya.

Baca Juga: 7 Kuliner Legendaris Malang yang Enak Banget, Sudah Coba?

3. Sidoarjo

Kabupaten yang berbatasan langsung dengan Surabaya ini juga memiliki beragam jenis kuliner. Salah satu andalannya, keripik tempe.

Sentra penghasil keripik tempe di Sidoarjo adalah Desa Sepande, Kecamatan Candi. Dilansir dari tulisan Jariyah dkk di Jurnal Rekapangan UPNV-Jatim, ada 500 perajin tempe di desa tersebut.

Sebagian keripik tempe yang diproduksi di sana telah diproduksi dengan kemasan plastik yang rapi. Produk ini juga telah memiliki ijin Depkes.

Jika Anda ingin mampir langsung ke Desa Sepande, Anda juga akan menemukan beragam olahan tempe lain seperti burger tempe. Penasaran? Langsung saja mampir ke Desa Sepande di Sidoarjo ya!

4. Surabaya

Berkah Pengusaha Keripik Tempe Khas TrenggalekFoto: Adhar Muttaqin

Ibu Kota Provinsi Jawa Timur ini juga memiliki kampung sentra keripik tempe. Lokasinya di Kampung Unggulan Keripik Tempe Sukomanunggal.

Dilansir situs Disperindagin Pemkot Surabaya, kampung ini merupakan penghasil aneka rasa keripik tempe. Semuanya dibuat dengan bahan kedelai murni tanpa bahan pengawet dan bahan berbahaya lainnya. Produksinya pun dijamin halal.

Awalnya, Kampung Sukomanunggal adalah kampung tempe karena sebagian warganya adalah perajin tempe. Namun, mulai bermunculan beberapa perajin keripik tempe pada 2010.

Perajin keripik tempe pertamanya adalah Markut. Popularitas keripik tempe pun terjadi dan sebagian orang di sana juga beralih ke usaha keripik tempe.

Ada beragam keripik tempe yang dihasilkan. Seperti Keripik Tempe Pedas Manis, Keripik Tempe Pedas Asin, Keripik Tempe Original, dan aneka jenis keripik tempe lainnya sesuai pesanan.

Baca Juga: Daftar Makanan Favorit 7 Presiden RI, Ada dari Blitar hingga Jombang

Simak selengkapnya di halaman selanjutnya.



Simak Video "Bukan Cuma Enak, Ini Nilai Plus Makan Tempe Goreng"
[Gambas:Video 20detik]

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT