ADVERTISEMENT

7 Kuliner Legendaris Malang yang Enak Banget, Sudah Coba?

Tim detikjatim - detikFood
Jumat, 05 Agu 2022 15:15 WIB
Es Campur Legendaris di Malang; Es Tawon Kidul Dalem sudah berusia 65 tahun.
Foto: detikFood / Luthfi Baihaqy
Jakarta -

Jalan-jalan ke Malang, jangan lupa mencicipi kuliner khasnya. Kalau mau yang istimewa, yuk coba kuliner legendaris Malang ini.

Malang adalah salah satu surga kuliner di Jawa Timur. Kota ini menawarkan banyak makanan enak di antaranya bakso, sate, hingga ragam makanan penutup dan manis seperti es campur dan es krim.

Biasanya saat mengunjungi Malang, turis lokal maupun mancanegara tidak melewatkan kuliner legendarisnya. Disebut legendaris karena penjualnya sudah bertahan puluhan tahun.

Rasa menunya yang kane alias enak dan seolah tak tergerus zaman juga membuat kuliner ini semakin diminati. Apa lagi banyak kuliner legendaris Malang juga viral di media sosial.

Sebut saja Sate Gebug Malang yang menyediakan menu sate sapi berukuran besar, empuk, dan juicy. Ada juga Toko Oen yang terkenal dengan menu es krimnya.

Kamu tak perlu bingung mau pilih yang mana karena semuanya layak dicoba. Berikut 7 kuliner legendaris Malang:

1. Sate Gebug

Sate Gebug di MalangSate Gebug adalah salah satu kuliner legendaris Malang yang terkenal. Lokasinya di Jalan Jenderal Basuki Rahmat, Klojen, Kota Malang. Tepatnya di sekitar koridor kawasan Kayutangan. Foto: dok. detikFood/Muhammad Aminudin

Sate Gebug adalah salah satu kuliner legendaris Malang yang terkenal. Lokasinya di Jalan Jenderal Basuki Rahmat, Klojen, Kota Malang. Tepatnya di sekitar koridor kawasan Kayutangan.

Racikan sate di sini sudah ada sejak tahun 1920 lho. Cita rasanya pun sangat khas, membuat pengunjung selalu ingin kembali ke sini.

Sate Gebug merupakan jenis sate sapi. Ukurannya cukup besar dengan tekstur empuk dan memuaskan selera.

Di sini terdapat pilihan sate sapi pakai lemak atau tanpa lemak. Sate kemudian dipukul-pukul (gebug) sampai lunak terlebih dahulu sebelum dipanggang hingga matang.

Bahan satenya sendiri diambil dari bagian tenderloin sapi yang memang terkenal empuk. Harganya per porsinya mulai dari Rp 25 ribuan per tusuk. Warung ini buka mulai pukul 08.00 WIB hingga 16.30 WIB.

Baca Juga: Lezatnya Melegenda, Sate Gebug Malang yang Eksis Selama 100 Tahun

2. Warung Rampal

Warung Rampal : Kelezatan Melegenda Soto Sapi Favorit Para Presiden RIWarung Rampal : Kelezatan Melegenda Soto Sapi Favorit Para Presiden RI. Foto: detikFood/Luthfi Baihaqy

Kalau suka soto dan rawon, kamu wajib mampir ke Warung Rampal. Warung makan ini amat terkenal dengan suguhan dua menu berkuah tersebut.

Warung Rampal berlokasi di Jalan Panglima Sudirman 71A, Kota Malang dan beroperasi pukul 07.00 WIB hingga 13.30 WIB. Warung ini menjadi legendaris karena sudah ada sejak tahun 1957.

Soto yang disediakan di warung ini adalah soto sapi dengan kuah kuning yang bening. Isiannya ada tauge, potongan daging sapi, taburan seledri, daun bawang, dan bawang goreng.

Rawonnya juga tak kalah enak dengan kuah yang sedap. Konon, daging sapi di sini masih dimasak dengan teknik slow cooking yang tradisional selama 4 jam!

Baca Juga: Warung Rampal: Kelezatan Melegenda Soto Sapi Favorit Para Presiden RI

3. Pecel Kawi Hj. Musilah

Pecel memang menjadi kuliner favorit sebagian orang. Tiap daerah di Jawa Timur pun memiliki pecel khasnya sendiri.
Di Malang, ada kuliner Pecel Kawi yang bisa memanjakan lidah pecinta pecel. Bumbunya sangat khas dengan cita rasa gurih bumbu kacang dan sedikit pedas.

Warung pecel ini sangat legendaris karena sudah dibuka sejak tahun 1975 dan masih bertahan. Saat ini, warung memiliki desain yang lebih modern.

Jika Anda tertarik, Anda bisa datang langsung ke warung Pecel Kawi Hj Musilah di Jalan Kawi Atas 43 B, Kota Malang. Warung ini buka mulai pukul 06.00 WIB hingga 18.00 WIB.

4. Bakso President

Mampir ke Malang rasanya tak lengkap jika tak mencicipi kuliner bakso. Ada beragam kuliner bakso di Malang. Salah satu yang paling legendaris adalah Bakso President.

Tempat makan ini telah eksis sejak 1977. Di sini juga ada beragam menu bakso yang bisa dipilih. Mulai dari bakso biasa, bakso udang goreng, bakso tulang muda, hingga pangsit goreng yang disajikan dengan guyuran kuah kaldu gurih.

Tak hanya baksonya yang lezat, sensasi makan Bakso President juga unik. Pengunjung akan makan persis di samping rel kereta yang masih aktif. Hal itu menjadi pengalaman makan bakso yang berbeda.

Tempat makan ini berlokasi di Jalan Batanghari 5, Kota Malang. Serta buka mulai pukul 08.00 hingga 09.30 WIB.

5. Rujak Manis Semeru

Kuliner rujak manis memang tak pernah salah di segala suasana. Sensasi buah yang segar dengan guyuran saus kacang dan gula jawa serta irisan lombok yang pedas memang selalu menggoda.

Di Malang, ada kuliner rujak manis yang sangat legendaris yakni Rujak Manis Semeru yang berlokasi di Jalan Semeru 54, Kota Malang. Tempat ini beroperasi mulai pukul 09.00 WIB hingga 16.00 WIB.

Buah yang digunakan sebagai bahannya pun sangat segar. Terdiri dari mangga muda, mentimun, bengkoang, belimbing, pepaya, nanas, jambu, dan lain-lain.

Anda juga bisa mencicipi makanan ringan lain di Rujak Manis Semeru. Seperti tahu petis dan minuman Es Degan atau Kelapa Muda.

6. Es Tawon Kidul Dalem

Es Tawon Kidul Dalem MalangNamanya memang unik. Namun, es yang dijual di sini sebenarnya adalah es campur dengan sirup khasnya. Foto: Muhammad Aminudin

Namanya memang unik. Namun, es yang dijual di sini sebenarnya adalah es campur dengan sirup khasnya.

Anda bisa menemukan penjual es ini Jalan Zainul Arifin, Kecamatan Klojen, Kota Malang. Jam bukanya mulai pukul 08.00 WIB hingga 14.30 WIB.

Tidak hanya unik, es ini juga legendaris. Sebab, kedai es ini sudah ada sejak tahun 1955. Seorang perempuan bernama Yaminah yang pertama kali berjualan es ini.

Dulunya, Yaminah berjualan dengan gerobak di kawasan Kidul Dalem, Kota Malang. Sepeninggal Yaminah, usaha ini diteruskan oleh menantunya, Sri Utami sejak tahun 1996.

Seporsi es campur disajikan dalam gelas berisi cincau hitam, tapai, kacang hijau, alpukat, dan mutiara. Lalu diberi serutan es batu dan siraman sirup merah khas Es Tawon.

Baca Juga: Manis Segar Es Tawon Kidul Dalem yang Melegenda Sejak Tahun 1955

7. Toko Oen

Toko Oen MalangToko Oen merupakan tempat makan bernuansa zaman kolonial. Tempat makan ini sangat legendaris karena telah berdiri sejak tahun 1936. Foto: Toko Oen Malang

Toko Oen merupakan tempat makan bernuansa zaman kolonial. Tempat makan ini sangat legendaris karena telah berdiri sejak tahun 1936.

Menemukannya pun sangat mudah karena Toko Oen berlokasi di jantung Kota Malang. Tepatnya di Jalan Basuki Rahmat 5, Kecamatan Klojen, Kota Malang atau sekitar 200 meter dari Alun-Alun Kota Malang.

Menu yang disajikan pun bermacam-macam, mulai dari es krim, steak, hingga makanan ringan lainnya. Jika Anda berkunjung ke sini, wajib coba es krim dengan beragam varian rasa. Mulai dari vanila, cokelat, hingga buah-buahan.

Toko Oen mulai buka pukul 08.00 WIB dan tutup pukul 20.00 WIB. Anda pun bisa sekalian berfoto-foto di sana karena tempat makannya sangat Instagramable!

Baca Juga: Simak 7 Kuliner Legendaris Malang Pantang Dilewatkan!



Simak Video "Ada Tempat Ngopi Semi Outdoor Autentik ala Malang di Jakarta!"
[Gambas:Video 20detik]
(aqr/adr)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT