ADVERTISEMENT

Street Food 101

Mau Ngemil Manis di Bulungan Blok M? Ada Pancong dan Es Podeng Legendaris!

Andi Annisa Dwi R - detikFood
Minggu, 04 Sep 2022 17:00 WIB
Es Podeng Halo di Bulungan Blok M
Foto: Andi Annisa DR/detikfood
Jakarta -

Menyambangi kawasan kuliner Bulungan Blok M tak hanya bisa makan 'berat'. Kalau mau ngemil yang manis-manis, detikfood punya rekomendasi dua jajanan legendaris di kawasan ini. Ada pancong dan es podeng yang nikmat banget!

Pada sore hingga malam hari, kawasan Bulungan Blok M dipenuhi para foodies yang ingin mengisi perut. Pilihan makanan utamanya banyak, mulai dari gultik, nasi bebek, hingga ayam bakar yang terkenal enak.

Tapi kamu yang mau ngemil atau cicip makanan manis usai makan, tak perlu khawatir. Sebab di sini ada dua jajanan manis yang layak dicoba. Keduanya bahkan sudah dijajakan sejak puluhan tahun lalu.

Pertama, ada Pancong Bulungan yang sudah hadir sejak tahun 1980-an, bahkan sebelum Blok M Plaza berdiri. Usaha pancong ini dirintis pria asal Sumedang bernama Pak Aceng.

Pancong BulunganKue Pancong Bulungan sudah dijajakan sejak tahun 1980-an. Lokasinya dulu di seberang lokasi sekarang. Foto: Andi Annisa DR/detikfood

Beliau menjual pancong khas Betawi, diiringi menu lain selayaknya warung kopi (warkop). Ada ragam mie instan, roti bakar, dan pisang bakar yang masih dimasak menggunakan arang agar wangi.

Kepada detikfood (19/8), Pak Aceng menuturkan kue pancong jadi salah satu menu terlaris di sini. Dalam sehari ia bisa menghabiskan 9 kg tepung terigu untuk dijadikan adonan kue pancong.

Pembeli bisa pilih tingkat kematangannya, mau setengah matang, tiga per empat matang, atau matang sempurna. Harganya mulai dari Rp 8.000 saja untuk pancong 1 topping.

Pancong BulunganPancong setengah matang dengan topping green tea. Foto: Andi Annisa DR/detikfood

Pilihan topping pancong di sini beragam dan kekinian lho! Kamu bisa mencoba rasa green tea, tiramisu, blueberry, Oreo, hingga Ovaltine. Ada juga pilihan rasa klasik seperti cokelat, srikaya, dan keju.

"Kue pancongnya adonan gaya Betawi gitu. Dari tepung terigu, gula pasir, telur, sama mentega," jelas Pak Aceng. Ia mengakui tak ada rahasia khusus untuk membuat kue pancongnya terkenal dan digemarin.

"Karena ini lokasinya strategis, tempat orang-orang ngumpul. Terus ini kan sudah lama, jadi sudah terkenal dari mulut ke mulut. Paling ramai itu malam minggu di sini," ujar Pak Aceng yang mempekerjakan keluarganya dari Sumedang untuk membantu usahanya ini.

Pancong BulunganPisang bakar dan roti bakar di Pancong Bulungan sayang dilewatkan. Foto: Andi Annisa DR/detikfood

Pak Aceng bilang, menu terfavorit di sini adalah pancong setengah matang rasa keju. Tapi kalau ke sini, kamu juga wajib pesan pisang bakar, roti bakar, dan mie instan-nya yang enak.

Pak Aceng tak mematok harga mahal. Menu paling istimewa di sini hanya dibanderol Rp 25.000 yaitu mie instan isi telur dan kornet.

Di kawasan Bulungan Blok M juga ada es podeng enak yang dijajakan hingga tengah malam. Baca halaman selanjutnya.

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT