ADVERTISEMENT

Medeka Bagi Mereka

Penjual 'Starling' hingga Sopir Ojol Sosok Pahlawan Masa Kini

Atiqa Rana - detikFood
Selasa, 16 Agu 2022 17:30 WIB
Penjual Kopi Keliling
Foto: detikcom/Ari Saputra
Jakarta -

Indonesia memasuki usia 77 tahun. Selama perjalanan itu, tak hanya pahlawan kemerdekaan yang berjasa, tapi ada juga pahlawan masa kini yang turut membantu.

Hari Ulang Tahun (HUT) kemerdekaan Indonesia akan jatuh pada Rabu (17/08/2022). Dalam perayaan HUT-RI tahun ini, tema yang diusung pemerintah adalah "Pulih Lebih Cepat, Bangkit Lebih Kuat."

Perjalanan Indonesia selama 77 tahun ini mungkin tidak selalu mulus. Seperti pandemi Covid-19 yang terjadi dua tahun belakangan ini, membuat masyarakat Indonesia cukup kesulitan

Namun tampaknya, tahun ini Indonesia dan seluruh masyarakat diharapkan bisa bangkit dan bergembira bersama merayakan ulang tahun kemerdekaan.

Setiap orang punya caranya sendiri untuk memaknai kemerdekaan. Redaktur Pelaksana detikfood, Odilia Winneke menganggap bahwa kemerdekaan selalu membawa kita ke arah positif.

"Mungkin dulu para pahlawan memperjuangkan kemerdekaan untuk merebut jajahan asing, tapi sekarang kita sudah memiliki kemerdekaan penuh yang berarti bebas melakukan segala hal. Mulai dari mengekspresikan diri, berkreasi, atau berkolaborasi," ucap Odilia

Seiring dengan berjalannya waktu, sebagian besar masyarakat sudah mulai menikmati apa yang dinamakan sebagai kemerdekaan yang menyenangkan.

Resep Nasi Kuning untuk TumpengSalah satu keistimewaannya ialah tidak adanya batasan dalam kreatifitas yang telah membuat Indonesia menembus pasar global mulai dari bidang musik, seni, hingga kuliner yang bisa dinikmati oleh seluruh masyarakat Indonesia. Foto: iStock

Salah satu keistimewaannya ialah tidak adanya batasan dalam kreatifitas yang telah membuat Indonesia menembus pasar global mulai dari bidang musik, seni, hingga kuliner yang bisa dinikmati oleh seluruh masyarakat Indonesia.

Dalam perjalanan panjang ini, tentunya banyak orang berjasa terhadap pertahanan Indonesia. Tak hanya para pejabat, tetapi masyarakat biasa bisa juga disebut sebagai 'pahlawan masa kini'.

Contohnya penjual kopi keliling atau populer dengan sebutan starling, sopir ojek online (ojol), maupun penjual warung Tegal (Warteg).

Penjual kopi keliling misalnya, selalu siap menyuguhkan kopi untuk para pekerja, sopir ojol, hingga pekerja kantoran dengan harga murah.

Penjual Kopi Keliling Alias StarlingPenjual kopi keliling misalnya, selalu siap menyuguhkan kopi untuk para pekerja, sopir ojol, hingga pekerja kantoran dengan harga murah. Foto: Herdi Alif Al Hikam

Kopi yang ditawarkan juga membuat banyak orang menjadi bersemangat untuk melakukan pekerjaannya.

Contoh lainnya, sopir ojol yang setia mengantarkan makanan. Meskipun hujan atau banjir, mereka tetap melakukan pekerjaan dengan baik yaitu mengantarkan makanan tepat waktu.

Juga para penjaja warteg di sekitar kita. Ketika banyak orang dilanda kesulitan ekonomi, tetapi banyak warteg memberi diskon, memberikan gratis minuman hangat, gratis nasi putih, kepada banyak orang yang kurang mampu.

Odillia mengungkap ,"Kalau disebut satu-satu, pahlawan masa kini banyak sekali, terutama di masa pandemi. Termasuk netizen yang bisa menggunakan kebebasannya di media sosial untuk menggerakkan orang, menolong orang, untuk memberi inspirasi. Jadi pahlawan bisa siapa saja yang keren idenya, keren aktvitasnya, dan keren untuk semua pekerjaannya yang dilakukan demi membahagiakan orang lain."

Detikfood berharap di usia Indonesia yang ke 77 tahun ini akan terus membawa Indonesia untuk terus melambung semakin tinggi. Semoga masyarakat Indonesia juga selalu setia, tetap kuat, dan bekerja keras dalam berjuang bersama. Merdeka!

Sebagai informasi, Indonesia kembali merayakan hari kemerdekaannya. Di tahun ini, Indonesia memasuki usia ke-77 tahun. Bagi Indonesia 77 tahun yang lalu, merdeka berarti terbebas dari penjajahan. Namun di masa kini, merdeka tentu memiliki makna tersendiri bagi masing-masing orang.

Dalam memperingati Hari Kemerdekaan Indonesia ke-77, detikcom menginisiasi kampanye 'Merdeka Bagi Mereka'. Di kampanye ini akan ada kumpulan kisah inspiratif tentang arti 'Merdeka Bagi Mereka' dari berbagai figur dan perspektif. Adapun artikel ini didukung oleh Alfagift.

Simak terus kampanye 'Merdeka Bagi Mereka' mulai 17 Agustus 2022 di Sini!



Simak Video "Kisah Driver Ojol Antar Makanan Saat Anaknya Meninggal Disebut Modus Belaka"
[Gambas:Video 20detik]
(aqr/adr)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT