ADVERTISEMENT

Ada Ayam Tangkap dan Sie Reuboh Autentik di Festival Kuliner Aceh

Riska Fitria - detikFood
Minggu, 07 Agu 2022 10:45 WIB
Festival kuliner Aceh
Foto: detikcom
Jakarta -

Di restoran ini kamu bisa menikmati kuliner khas Aceh yang autentik. Ada sie reuboh hingga ayam tangkap yang diracik oleh master masakan Aceh.

Indonesia kaya akan kuliner. Setiap daerah Indonesia bahkan memiliki kuliner khas dengan cita rasa tersendiri. Seperti Aceh misalnya yang kulinernya kaya akan rempah.

Selama ini, kuliner Aceh yang populer adalah mie Aceh. Namun di samping itu, masih ada kuliner lainnya yang tak kalah lezat. Semuanya tersedia di restoran SATOO, Hotel Shangri La Jakarta.

Sebagai wujud dukungan terhadap budaya Indonesia, Hotel Shangri La Jakarta menggelar Aceh Culinary Festival. Acara tersebut berlangsung mulai dari 5 hingga 7 Agustus 2022.

Festival kuliner AcehFestival kuliner Aceh berlangsung mulai 5-7 Agustus 2022. Foto: detikcom

Acara ini mendapat dukungan dari Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Aceh dengan tujuan memperkenalkan keajaiban nusantara kepada dunia melalui kekayaan kuliner.

Festival ini menyajikan berbagai kuliner khas provinsi paling barat di Indonesia. Dalam hal ini, SATOO juga bekerja sama dengan para pengusaha kuliner Aceh di Jakarta.

Salah satu kuliner yang mencuri perhatian adalah sie reuboh yang terbuat dari daging sapi atau kerbau kemudian diracik dengan aneka bumbu. Teksturnya lembut, rasanya gurih dan kaya rempah.

Menu ayam tangkapnya juga tak kalah lezat. Rasanya sedap dengan aroma daun kari uang tercium kuat. Selain itu, ada kerang masak kuah yang gurih dan sedikit pedas.

Baca Juga: 6 Tradisi Makan Bersama Saat Lebaran Khas Daerah Indonesia

Festival kuliner AcehAda menu ayam tangkap di Festival kuliner Aceh Foto: detikcom

Semua lauk tersebut enak dimakan pakai nasi gurih khas Aceh. Nasi ini terasa gurih santan dan juga harum santan. Pas dinikmati dengan lauk daging berempah khas Aceh.

Selain itu ada menu lain, mulai dari Gado-gado Aceh, Rujak Aceh, Rendang Aceh, Gulai Kambing Aceh, Kuah Leumak, Ikan Keumamah, Kuah Sie Itiek dan lainnya.

Tak ketinggalan dengan aneka dessert berupa kue-kue tradisional khas Aceh. Ada Klepon Aceh yang lumer di mulut, ada Timphan yang berisi pisang dari Aceh.

Master masakan AcehBuchari, Master masakan Aceh Foto: Instagram Shangri La

Kemudian ada kue bhoi lembut, Roti Jala Durian Kinca, Boh Rorom dan masih banyak lagi. Terakhir juga bisa menikmati teh tarik khas Aceh yang dapat dinikmati dingin atau hangat.

Penyajian yang dituang berulang dari satu gelas ke gelas lainnya membuat tekstur minuman ini jadi tebal. Rasa manisnya cukup dengan aroma dan rasa teh yang kuat.

Semua menu tersebut diracik oleh Buchari atau yang biasa dipanggil 'Ayah'. Buchari merupakan master masakan Aceh. Ia bahkan meracik masakan dengan bahan-bahan yang didatangkan langsung dari Aceh.

Selain kuliner, restoran SATOO juga menggelar pameran foto yang menampilkan tradisi, budaya dan sejarah dari hidangan Aceh. Kuliner Aceh ini bisa kamu nikmati mulai dari IDR 508,000++ per orang.

Baca Juga: Chef Renatta Penasaran Banget Ingin Cicipi Memek khas Aceh



Simak Video "Masak Masak: Tomat Keju Menu Sarapan ala Bule"
[Gambas:Video 20detik]
(raf/odi)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT