ADVERTISEMENT

Resmi Digelar! Aceh Culinary Festival Sajikan 700 Kuliner Sumatera

Agus Setyadi - detikFood
Sabtu, 06 Agu 2022 11:30 WIB
Aceh Culinary Festival (ACF) 2022 dibuka dengan mengaduk dan menyantap kuah beulangong.
Foto: Aceh Culinary Festival (ACF) 2022 dibuka dengan mengaduk dan menyantap kuah beulangong (Agus Setyadi/detikSumut)
Banda Aceh -

Masyarakat Aceh bisa datang ke Aceh Culinary Festival akhir pekan ini. Ada 700 stand kuliner yang menyajikan ragam makanan dari Aceh dan daerah Sumatera lain. Seru!

Aceh Culinary Festival (ACF) sudah berlangsung selama 8 tahun. Untuk tahun ini, ACF 2022 digelar di Taman Sultana Safiatuddin, Banda Aceh sejak Jumat (5/8) hingga Minggu (7/8).

Sesuai namanya, di festival ini hadir berbagai kuliner khas Aceh yang disajikan di masing-masing anjungan daerah. Lalu ada juga stand kuliner yang menghadirkan makanan khas dari seluruh provinsi Sumatera.

Harga makanan yang dijual di sini terjangkau, mulai dari Rp 10 ribu per porsi. Pengunjung bisa menikmati makanan di tempat yang telah disediakan.

Baca Juga: Chef Renatta Penasaran Banget Ingin Cicipi Memek khas Aceh

Kegiatan ACF dibuka Sekda Aceh Taqwallah serta dihadiri Kadisbudpar Aceh Almuniza, Direktur Event Daerah Kemenparekraf Reza Fahlevi dan sejumlah pejabat lainnya. Pembukaan ditandai dengan mengaduk kuah beulangong yang dilakukan oleh pejabat Forkopimda Aceh.

Kuah beulangong merupakan salah satu kuliner khas Aceh sejenis gulai dengan daging sapi atau kambing. Daging itu dimasak dalam belanga besar.

"Aceh Culinary Festival adalah kegiatan tahunan yang telah diselenggarakan sejak tahun 2014 oleh Pemerintah Aceh melalui Dinas Kebudayaan Dan Pariwisata Aceh bertujuan untuk preservasi kuliner tradisional Aceh," kata Almuniza.

Warga bergotong royong memasak menu tradisional khas Aceh Kuah Beulangong (kari daging dengan bumbu khas) pada tradisi kenduri Ramadhan di Desa Pango Raya, Banda Aceh, Aceh, Minggu (10/4/2022). Kenduri dengan menu utama kari daging sapi atau kambing saat berbuka puasa pada setiap bulan Ramadhan merupakan tradisi yang juga dilaksanakan untuk meringati Nuzulul Quran. ANTARA FOTO / Irwansyah Putra/foc.Kuah beulangong, makanan yang dimasak saat pembukaan Aceh Culinary Festival 2022. ANTARA FOTO / Irwansyah Putra/foc. Foto: ANTARA FOTO / Irwansyah Putra

Kegiatan ini punya tujuan menampilkan keragaman kuliner Aceh sekaligus turut berkontribusi dalam meningkatkan kesiapan para pelaku industri kuliner. ACF juga bertujuan untuk mendorong Aceh masuk dalam salah satu destinasi wisata kuliner unggulan Indonesia.

Baca Juga: 7 Makanan Khas Aceh Rumahan yang Bikin Ketagihan

Penyelenggaraan ACF sudah menorehkan prestasi. Sejak 2018 hingga 2020, ACF masuk jajaran top 100 event Wonderful Indonesia. Pada tahun 2021 ACF masuk dalam salah satu event Kharisma Nusantara kategori event terbaik berbasis adaptasi dan inovasi.

Almuniza menjelaskan, di tahun kedelapan penyelenggaraan, ACF masuk top 10 Kharisma Event Nusantara (KEN) 2022 Kemenparekraf. Event tersebut ditargetkan mampu menjadikan Aceh sebagai kiblat kuliner nusantara dengan disupport oleh kabupaten/kota se-Aceh dan provinsi-provinsi di Indonesia.

"Sewindu Culinary Festival tahun ini tentunya harus memberikan yang terbaik dalam setiap pelaksanaannya. Tahun ini ACF mulai mengembangkan event dengan mengundang provinsi-provinsi di nusantara," ujarnya.

Baca informasi selengkapnya soal kemeriahan ACF 2022 DI SINI.

Baca Juga: Aceh Culinary Festival Dibuka, Sajikan 700 Kuliner dari Sumatera



Simak Video "Bikin Laper: Cita Rasa Ikan Keumamah Khas Aceh"
[Gambas:Video 20detik]
(adr/adr)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT