7 Makanan Khas Aceh Rumahan yang Bikin Ketagihan

Lusiana Mustinda - detikFood Selasa, 30 Jun 2020 11:30 WIB
Ayam tangkap Makanan khas Aceh. Foto: Instagram
Jakarta -

Berbeda dengan sajian makanan asal Jawa dan Sunda, makanan khas Aceh dikenal memiliki cita rasa rempah yang kuat. Kira-kira apa saja makanan yang enak untuk dicoba?

Kuliner khas Serambi Mekkah ini memang terbilang unik sehingga banyak orang yang menyukainya. Bahkan beberapa makanan khas Aceh seperti mie Aceh dan ayam tangkap sudah banyak dijual di banyak daerah di Indonesia. Dinikmati hangat-hangat, makanan tersebut terasa sangat enak.

Namun makanan khas Aceh yang enak tentu bukan hanya mie Aceh dan ayam tangkap saja. Berikut beberapa jenis makanan khas Aceh yang wajib kamu coba:

1. Kuah Sie Itiek

Gulai bebek, Curry duck Traditional Indonesian CuisineKuah Sie Itiek Foto: iStock


Secara harfiah, sie itek memiliki arti kuah bebek. Di Aceh, hampir semua keude bu (kedai nasi) menyajikan masakan si itek ini. Bebek dengan paduan kuah kari ini punya citarasa yang lezat.

Kuah sie itiek yang dimasak di Aceh memiliki warna yang berbeda. Kuah sie itiek putih memiliki warna yang mirip seperti opor karena ditambahkan dengan kemiri. Sedangkan kuah sie itiek berkuah kuning kecokelatan disebut dengan masak kurma meskipun cara pembuatannya tidak ditambahkan dengan kurma dalam bumbunya.

Kuah sie itiek dicampurkan sekitar 12-20 jenis rempah sehingga memiliki cita rasa yang gurih dan aroma rempah kuat.

2. Kuah Pliek U

kuah pliek ukuah pliek u Foto: detikFood


Kuah Pliek U merupakan makanan khas Aceh yang populer. Kuah Pliek U dibuat dengan kuah santan dengan isian ampas kelapa. Masyarakat Aceh yang tinggal di pesisir Timur memiliki hidangan populer bernama Kuah Pliek U. Sayuran sejenis gulai ini enak dinikmati dengan nasi dan juga ikan asin.

Cara membuat makanan khas Aceh Kuah Pliek U ini dengan mencampurkan buah nangka, buah pepaya muda, daun melinjo, kacang panjang, daun pepaya, daun singkong hingga buah melinjo.

Bumbunya menggunakan ketumbar, cabai, bawang merah, bawang putih dan rempah lainnya. Sajian ini menjadi makanan rumahan yang sangat disukai banyak keluarga di Aceh.

3. Keumamah

keumamah masakan khas acehkeumamah masakan khas aceh Foto: detikfood


Keumamah dikenal juga dengan nama gulee keumamah atau eungkot kayee. Keumamah merupakan daging ikan tongkol yang direbus kemudian dikeringkan dengan cara disalai atau diasap.

Karena diasap ikannya menjadi kering dan teksturnya seperti kayu sehingga disebut juga sebagai ikan kayu. Ikan kayu ini kemudian dimasak dengan santan kelapa, cabai, dan dicampurkan beberapa jenis sayuran.

4. Ayam Tangkap

Ayam Tangkap Khas AcehAyam Tangkap Khas Aceh Foto: iStock


Makanan khas Aceh yang sangat populer adalah ayam tangkap. Ayam tangkap dibuat dari ayam kampung yang dibumbui banyak rempah-rempah seperti bawang merah, bawang putih, cabai, kunyit, jahe, garam hingga daun pandan. Teksturnya renyah di luar namun dagingnya empuk dan gurih di dalam.

5. Mie Aceh

mie Acehmie Aceh Foto: dok. detikFood


Mie Aceh goreng, tumis hingga rebus keduanya sama-sama memiliki rasa yang gurih enak. Mie berwarna kuning dimasak dengan campuran sayur, seafood atau daging. Mie Aceh sangat nikmat ketika disajikan bersama dengan bawang goreng, emping, potongan bawang merah, mentimun dan juga jeruk nipis.

6. Sambal Ganja

Asam Udeung Sambal Ganja AcehAsam Udeung Sambal Ganja Aceh Foto: Istimewa


Sambal ganja dari Aceh memang bisa bikin ketagihan. Dinamakan sambal ganja karena memang sambal ini memiliki rasa yang enak sehingga siapapun yang mencoba pasti ketagihan.

Cara membuat sambal ganja dibutuhkan beberapa bahan seperti udang, cabai rawit, belimbing wuluh, bawang merah, daun jeruk, garam dan minyak panas. Orang Aceh bilang sambal ini 'mangat that' yang artinya enak sekali. Apalagi dinikmati bersama dengan nasi putih dan emping.

7. Kuah Masam Keu-Neung

Ikan BaungKuah Masam Keu-Neung Foto: detikTravel


Makanan khas Aceh lainnya adalah kuah masam keu-neung. Ini adalah kuah asam pedas yang dicampurkan dengan ikan. Sajian kuah masam keu-neung ini memiliki tampilan berwarna kuning yang enak disantap selagi hangat.





Simak Video "Kuah Pliek U, Kuliner Aceh untuk Jaga Stamina"
[Gambas:Video 20detik]
(lus/erd)