ADVERTISEMENT

Penting! Tips Beli Ikan Asin Jambal Roti Asli dari Ahlinya

Aldi Nur Fadillah - detikFood
Selasa, 02 Agu 2022 16:00 WIB
Ikan jambal roti dari Pangandaran
Foto: Aldi Nur Fadillah/detikJabar
Pangandaran -

Kalau mau beli ikan asin jambal roti khas Pangandaran harus berhati-hati memilihnya. Untuk dapat yang asli, begini tips membeli dan mengenali ciri-cirinya.

Ikan asin jambal roti terkenal sebagai oleh-oleh khas Pangandaran. Biasanya ikan ini dijajakan di kios-kios dengan cara digantung hingga membuat banyak wisatawan tertarik.

Mereka ingin mencicipi lezatnya ikan asin jambal roti khas Pangandaran, tapi ternyata di pasaran banyak beredar produk KW. Pembeli pun harus berhati-hati.

Supaya tidak salah, pengusaha jambal roti khas Pangandaran memberikan tipsnya. Kukun bilang, ikan asin jambal roti yang asli bisa dilihat secara kasat mata dan bisa tercium baunya.

"Warna asin jambal roti sepintas sama, namun yang asli tidak berwarna putih, tapi agak kekuning-kuningan," kata Kukun kepada detikJabar.

Baca Juga: 5 Oleh-oleh Khas Pangandaran, Ada Ikan Asin hingga Jus Honje Segar

Ikan jambal roti dari PangandaranIkan jambal roti dari Pangandaran Foto: Aldi Nur Fadillah/detikJabar

Aroma atau bau ikan jambal roti juga khas, tapi tidak berbau busuk. Saat daging ikannya dicubit juga ngeprul, seperti roti. Ini menandakan kualitasnya bagus.

"Ikan jambal roti asli hanya dari ikan kadukang, teksturnya lembut, tidak keras seperti asin jambal roti biasa," ucapnya.

Penjual ikan jambal roti lainnya, Sariman juga mengatakan, ikan asin jambal asli jika digoreng keempukannya masih terasa.

"Asinnya tidak pahit, tapi alami hasil fermentasi. Bisa dirasakan dengan dipegang, apabila empuk berarti asli, namun jika keras berarti ikan biasa. Secara rasa memang akan berbeda," katanya.

Baca Juga: Ini 5 Cara Memilih Ikan Segar ala Tukang Ikan, Gampang Dicontek

Ikan jambal roti dari PangandaranIkan jambal roti dari Pangandaran Foto: Aldi Nur Fadillah/detikJabar

Mereka mengingatkan untuk berhati-hati beli ikan asin jambal roti dari pedagangan asongan. Besar kemungkinan itu dibuat bukan dari ikan kadukang.

"Tidak semua ikan asin jambal roti merupakan ikan kadukang, pembeli harus jeli. Selain harga yang membedakan, jambal roti hasil fermentasi alami bisa kuat sampai 1 tahun," jelas Kukun.

Ikan asin jambal roti KW juga disebut tidak melalui proses fermentasi yang penting pada pembuatan produk asli. "Hanya penggaraman saja, lalu dijemur," ucap Sariman.

Tips lain untuk membeli ikan asin jambal roti Pangandaran yang asli adalah dengan melihat harganya. Berapa kisaran harga yang asli dan KW?

Baca artikel selengkapnya DI SINI.

Baca Juga: Langsung dari Ahlinya, Ini Tips Membeli Ikan Asin Jambal Roti



Simak Video "Masak Masak: Resep Tumis Ikan Jambal Pete Cabai Segar"
[Gambas:Video 20detik]
(raf/adr)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT