ADVERTISEMENT

Asyik! Di Dusun Senja Jembrana Bisa Cicip Jajanan Bali Tiap Weekend

I Ketut Suardika - detikFood
Sabtu, 30 Jul 2022 13:30 WIB
Pasar Tani Dusun Senja, di Dusun Moding Kaja, Desa Candikusuma, Kecamatan Melaya, Jembrana, Bali, Sabtu (23/7/2022)
Foto: I Ketut Suardika
Jembrana -

Desa Candikusuma, salah satu desa kreatif di Bali. Di desa ini setiap akhir pekan (weekend) berlangsung Pasar Tani sejak pukul 18.00 WIB hingga larut malam.

Pada 23 Februari 2022, Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga Salahuddin Uno meresmikan 12 desa wisata. Salah satunya Desa Candikusuma di Dusun Moding Kaja, Kecamatan Melaya, Jembrana.

Di sini ada berbagai kegiatan unik yang diselenggarakan. Salah satunya Pasar Tani yang digelar Komunitas Dusun Senja pada hari Sabtu-Minggu.

detikBali (23/7/2022) berkesempatan mendatangi Pasar Tani. Lokasinya jauh dari ibu kota kabupaten Jembrana. Jaraknya sekitar 17 kilometer dari Kota Negara. Dari arah barat atau dari Pelabuhan Gilimanuk sekitar 22 kilometer.

"Karena dusun ini berada di pelosok, banyak rimbun pohon tinggi, meski siang hari teduh seperti sore hari. Makanya dijuluki dusun senja," kata I Ketut Dwi Antara (43), ketua Komunitas Dusun Senja.

Pasar Tani Dusun Senja, di Dusun Moding Kaja, Desa Candikusuma, Kecamatan Melaya, Jembrana, Bali, Sabtu (23/7/2022)Pasar Tani Dusun Senja, di Dusun Moding Kaja, Desa Candikusuma menjual aneka hasil tani dan makanan olahan khas Bali. Foto: I Ketut Suardika

Baca Juga: Cicip Lenjongan di Pasar Bali, Bule Jerman Ini Ketagihan!

Untuk Pasar Tani sendiri, kehadirannya adalah sebagai wadah menjual hasil pertanian dari masyarakat sekitar. Pasar Tani juga bentuk upaya membangkitkan ekonomi di desa.

Para kelompok UMKM dan warga bisa memasarkan produk pertanian dan makanan olahan dari hasil pertanian yang dikelolanya. Di Pasar Tani juga dijual aneka makanan ringan, kue khas Bali yang bahan utamanya dari hasil tani.

Beberapa yang jadi buruan adalah lontong serapah, bubur Bali, dan makanan khas Bali lainnya. "Di sini menjual makanan tradisional Bali," ungkap Antara.

Baca Juga: Halo Bali: Sedapnya Nasi Jangkep Bumbu Komplet yang Bisa Dipesan dari Rumah

Pasar Tani Dusun Senja, di Dusun Moding Kaja, Desa Candikusuma, Kecamatan Melaya, Jembrana, Bali, Sabtu (23/7/2022)Area perpustakaan kecil di Pasar Tani Dusun Senja, di Dusun Moding Kaja, Desa Candikusuma. Foto: I Ketut Suardika

Tak hanya itu, pengunjung Pasar Tani juga bisa menikmati hiburan pentas seni. Mulai dari musik jegog, joged bungbung hingga musik band. "Kesenian warga sekitar sini. Baru-baru ini kita buat festival band Bali," ucapnya.

Hal menarik lain dari Pasar Tani adalah adanya perpustakaan kecil yang dihadirkan komunitas Dusun Senja. Semua kegiatan positif ini mendapat dukungan warga sekitar.

Seperti apa cerita lengkapnya? Baca artikelnya DI SINI.

Baca Juga: Mengunjungi Pasar Tani Dusun Senja Jembrana, Hanya Ada Tiap Weekend



Simak Video "Menparekraf Sandiaga Cicipi Aneka Kuliner Khas Makassar"
[Gambas:Video 20detik]
(adr/adr)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT