ADVERTISEMENT

Kompetisi Barista di Food and Hotel Indonesia 2022 Berlangsung Sengit

Riska Fitria - detikFood
Kamis, 28 Jul 2022 20:00 WIB
Kompetisi barista
Foto: detikcom
Jakarta -

Kompetisi barista resmi digelar di Jiexpo Kemayoran (26/07/22). Kompetisi itu diikuti oleh 31 peserta yang telah dikurasi secara ketat.

Kompetisi barista bertajuk Indonesia Barista Championship (IBC) diadakan oleh Indonesia Coffee Event (ICE) dalam gelaran Food and Hotel Indonesia 2022 (FHI).

Ajang bergengsi tersebut berlangsung mulai dari 26- 29 Juli 2022. Ada dua kategori yang dikompetisikan, yakni Indonesia Barista Championship (IBC) dan Indonesia Brewers Cup Championship (IBrC).

Untuk IBC sendiri diikuti oleh 31 peserta, sementra untuk IBrC diikuti oleh 36 peserta. Semua peserta itu telah dikurasi oleh Specialty Coffee Association of Indonesia (SCAI).

Baca Juga: Lihat Latte Art Diacak-acak, Barista Ini Pasang Muka Bete

Kompetisi baristaAjang bergengsi tersebut berlangsung mulai dari 26- 29 Juli 2022. Foto: detikcom

AangSunadji, Ketua Pelaksana ICE 2022 menyebutkan bahwa ajang ini berbeda dari tahun sebelumnya yang digelar secara terbatas. Tahun ini ICE dapat disaksikan secara langsung dan juga live streaming diYouTube ICE.

Semua peserta tidak tampil di hari yang sama, melainkan dibagi dalam 2 hari. Ada 17 peserta yang tampil pada hari pertama, dan 14 peserta akan tampil pada hari kedua.

Sebelum bertanding, para peserta diberi pelatihan selama 20 menit. Yang menarik di hari pertama adalah racikan kopi dari Aried Rachman dari Wisma yang membuat kopi dari varietas Sidra.

Kopi tersebut merupakan hasil perkawinan antara kopi Timika dan bourbon. Selain itu, ada Yuman Rachmat dari CV Dexellent yang membawakan kopi hasil petani bimbingan sang ibu.

Baca Juga: Emily Coffee Society: Menikmati Coffee Mocktail dengan Iringan Musik Jazz Syahdu di Depok

Kompetisi baristaKompetisi barista berlangsung sengit. Foto: detikcom

Kopi tersebut adalah kopi Bengkulu dan Bali. Kompetisi IBC itu pun berlangsung sengit. Begitu juga kompetisi IBrC karena diikuti oleh dua nama besar.

Mereka adalah Shayla Philipa dan Muhammad Fakhri Murad. Keduanya pernah menjuarai kompetisi kopi tingkat internasional. Shayla Philipa pernah mendapat juara pertama Indonesian Coffee in Good Spirits Championships (ICiGSC) 2021.

Selain itu, juga pernah menjadi juara 3 World Coffee in Good Spirits Championships 2022. Sementara Muhammad Fakhri, pernah menjuarai (IBrC) 2019 dan pernah bertanding di World Brewers Cup 2019.

Kompetisi ini belum menemukan pemenang, karena ajang bergengsi tersebut masih akan berlanjut hingga tanggal 29 Juli 2022.

Baca Juga: 3 Kreasi Minuman Enak Juara Lomba ABC Gourmet Creations



Simak Video "Mencicipi Kopi di Festival Coffee Rajadesa Art and Culture"
[Gambas:Video 20detik]
(raf/odi)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT