ADVERTISEMENT

Ayam Goreng Utuh Lagi Tren, Ada Versi Tradisional dan Korea!

Tim detikfood - detikFood
Rabu, 27 Jul 2022 14:30 WIB
Yummy! Ini 5 Menu Ayam Goreng Utuh Renyah yang Digemari Banyak Orang
Foto: Instagram Flip Burger
Jakarta -

Sesuai namanya, ayam goreng utuh merupakan menu ayam goreng yang disajikan dalam kondisi utuh. Ukurannya yang besar begitu menarik selera. Ayam ini cocok dinikmati beramai-ramai!

Membahas ayam goreng tak pernah ada habisnya. Mulai dari ayam goreng kalasan, ayam kremes, ayam goreng basah khas Sunda, hingga ayam goreng tradisional lain.

Tiap ayam goreng itu diracik dengan bumbu tersendiri yang membuat kenikmatannya istimewa. Biasanya ayam goreng disajikan dalam bentuk potongan kecil untuk porsi personal.

Tapi sebenarnya, ayam goreng juga ada yang disajikan dalam potongan besar karena berupa ayam utuh! Kamu bisa menikmati bagian kepala, leher, hingga cekernya sekaligus!

Ayam ini diberi bumbu tradisional hingga diolah seperti fried chicken ala Korea Selatan. Semuanya mudah ditemukan di kota-kota besar di Indonesia.

Pawon Jogja & Ayam KremesSajian ayam kremes yang disajikan di restoran Pawon Jogja di kawasan Jakarta Selatan. Foto: dok. detikFood

Ayam goreng utuh bumbu tradisional biasanya berupa ayam goreng kremes. Kehadiran kremes yang renyah gurih membuat ayam goreng ini istimewa.

Kremesan dibuat dari adonan tepung plus air ungkepan ayam yang digoreng kering. Teksturnya ada yang berpasir dan seperti serabut-serabut renyah.

Lalu ada juga ayam goreng utuh berbumbu kalasan. Jenis ayam goreng ini populer di Yogyakarta. Konon diperkenalkan oleh Mbok Berek yang berasal dari Kecamatan Kalasan.

Ciri khas ayam kalasan adalah rasanya yang gurih manis karena dibumbui gula aren dan air kelapa. Ayam kalasan yang memakai ayam utuh ini biasanya jadi menu santap bersama keluarga.

Baca Juga: Pertama Kali Dibuat Mbok Berek, Ayam Goreng Kalasan Kini Jadi Favorit

Kalau mau coba yang modern, coba ayam goreng utuh yang belakangan viral. Ayam goreng ini konon terinspirasi dari sajian Korean Flying Chicken yang lebih dulu populer di Korea Selatan.

Ayam bakal digoreng hingga kuning keemasan. Biasanya berjenis fried chicken di mana bagian luarnya juga dilapisi tepung yang renyah.

Battle 3 Menu Ayam Utuh yang ViralFried chicken yang bentuknya utuh sempat jadi tren kuliner belum lama ini. Foto: detikcom/Diah Afrilian

Beberapa gerai fast food di Jakarta menjual menu ayam goreng utuh ala Korea ini. Misalnya Flip Burger yang memperkenalkan menu 1 Ekor Flip Fried Chicken yang bisa ditambahkan saus pedas.

Lalu ada juga ayam goreng utuh keluaran Richeese Factory bernama Fire Flying Chicken. Ayam goreng ini bisa disajikan dengan saus ekstra pedas yang khas dari Richeese.

Baca Juga: Yummy! Ini 5 Menu Ayam Goreng Utuh Renyah yang Digemari Banyak Orang

Selain ayam goreng utuh yang sudah dibahas detikfood, apakah kamu pernah makan ayam goreng utuh buatan tempat lain yang lebih enak? Jika iya, coba bagikan rekomendasinya pada detikfood.

Dengan menulis review singkat, kamu berkesempatan dapat hadiah makan siang GRATIS sebulan. Totalnya Rp 3 juta untuk masing-masing 3 pemenang yang terpilih!

Ulasan ini wajib berisi MINIMAL 200 kata dan maksimal 500 kata. Di dalam review sebaiknya deskripsikan secara lengkap mengenai ayam goreng favoritmu.

Kamu bisa membahas jenis ayam goreng yang dinikmati, tempat menikmatinya, alasan mengapa ayam goreng ini menjadi yang terbaik versimu, hingga harga ayam goreng tersebut.

Boleh juga ditambah dengan berbagai informasi menarik lain. Misalnya cerita unik di balik menu ayam goreng itu atau penjelasan dari penjualnya.

Berikut review ayam goreng yang pernah dimuat di detikfood untuk jadi contoh atau inspirasi gaya menulismu:

Waroeng Tiki Taka: Gigitan Pedas Sambal Terasi Pelengkap Ayam Goreng

Mengenai teknis penulisan ulasan, simak langkah-langkah berikut:
1. Kunjungi www.food.detik.com dan klik "Kirim Pengalaman" di halaman utama
2. Login atau buat akun MPC terlebih dahulu
3. Masukkan judul dan isi cerita pengalamanmu tentang kuliner ayam goreng, berikan juga foto dokumentasi yang akan mendukung pengalamanmu
4. Klik tombol "Kirim"

Kesempatan ini terbuka untuk seluruh pembaca detikcom dengan syarat dan ketentuan sebagai berikut:
1. detikers wajib memiliki akun MPC. Jika belum punya, bisa mendaftar DI SINI
2. Tema pengalaman kuliner: Ayam Goreng
3. Satu akun MPC dapat mengirim lebih dari satu kali pengalaman kuliner
4. Tulisan merupakan milik sendiri, tidak mengambil dari tulisan orang lain
5. Kirim pengalaman paling lambat 31 Juli 2022

Tunggu apa lagi? Jangan sia-siakan kesempatan jadi food blogger di detikfood dan berhadiah makan siang GRATIS selama sebulan. Ayo kirim pengalaman kulinermu DI SINI.



Simak Video "Sorabi Legendaris di Karawang, Jualan Di Depan Kuburan"
[Gambas:Video 20detik]
(adr/odi)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT