ADVERTISEMENT

Asam Pedas! Ini Gombayang Etong, Sup Ikan Khas Subang yang Nikmat

Dwiky Maulana Vellayati - detikFood
Jumat, 22 Jul 2022 13:30 WIB
Menu gombyang ikan etong di Lampu Satu Resto Subang.
Foto: Istimewa
Subang -

Subang punya kuliner enak, gombayang ikan etong. Potongan ikan yang lembut akan diguyur kuah sup yang bercita rasa asam, pedas, manis, hingga gurih. Begini keistimewaannya!

Ikan etong atau dikenal dengan nama ikan jebong atau kambing-kambing adalah ikan laut yang cukup populer di Indonesia. Biasanya ikan ini diolah dengan cara dibakar, namun di Subang, ada olahan ikan etong berkuah.

Namanya gombayang ikan etong yang tampilannya seperti sup ikan. Menu ini bisa dinikmati di Lampu Satu Resto yang ada di Jalan Otto Iskandar Dinatta, Kabupaten Subang.

Chef restoran itu, Yondi Riswansyah menjelaskan kalau gombayang ikan etong adalah salah satu menu paling laris. Banyak yang sengaja datang untuk memesan menu tersebut.

Baca Juga: Istimewa! Makan Nasi Liwet Bonus Pemandangan Kebun Teh Subang yang Asri

Menu gombyang ikan etong di Lampu Satu Resto Subang.Menu gombyang ikan etong di Lampu Satu Resto Subang. Foto: Istimewa

"Kalau biasanya ikan etong disajikan dengan cara dibakar, nah kita coba sajikan berkuah yang dinamakan gombayang dengan cita rasa asam, asin, pedas, manis gurih," ujar Yondi di Lampu Satu Resto, Jumat (15/7/2022).

Chef Yondi juga menambahkan bumbu khusus yang menjadi suatu kekhasan menu gombayang ikan etong yang berada di Lampu Satu Resto. "Ada sedikit tambahan bumbu-bumbu rahasia," katanya.

Salah satu pengunjung Lampu Satu Resto, Julia Santika (20) yang merupakan warga Dawuan Kabupaten Subang mengatakan, nikmatnya gombayang ikan etong memberikan sensasi nikmat tersendiri.

Terutama, saat disantap terdapat rasa segar dan asam yang puaskan selera. Ia mengaku kuah kaldu kental dari sup itu pun sangat terasa di mulut. Semakin nikmat ditambah nasi putih hangat dan emping.

Baca Juga: Pedas Menggelegar! Berani Coba Mie Tragis di Subang dengan 100 Cabe Rawit?

"Pas di mulut kaya ada segar-segar rasa asam gitu, kaldunya juga kental jadi terasa banget," kata Julia.

Julia mengungkap, dirinya pertama kali mencicipi gombayang ikan etong karena penasaran dengan rasanya.

"Saya kira harganya juga pas, untuk Rp 45 ribu dapat porsi sebanyak ini dan rasa seenak ini sebanding juga menurut saya," ungkapnya.

Sementara itu, untuk satu porsi gombayang ikan etong dihargai Rp 45 ribu. Dengan harga itu, masyarakat dapat memuaskan perut dengan olahan dari gombayang ikan etong.

Baca artikel selengkapnya DI SINI.

Baca Juga: Mencicipi Menu Gombayang Ikan Etong, Salah Satu Kuliner Khas Subang



Simak Video "Icip-icip Cilok Goang yang Hits di Subang"
[Gambas:Video 20detik]
(raf/adr)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT