ADVERTISEMENT

Enak Pol! 5 Ayam Goreng Maknyus di Surabaya Buat Santap Siang

Tim detikfood - detikFood
Minggu, 03 Jul 2022 11:30 WIB
-
Foto: Istimewa
Surabaya -

Ayam goreng jadi santapan favorit warga Surabaya. Ada lima tempat menikmati ayam goreng terkenal di sana. Cek rekomendasinya yuk!

Kulineran di Surabaya tak pernah ada habisnya. Selain bisa cicip rawon dan aneka penyet super pedas, ada juga rekomendasi ayam goreng yang sayang dilewatkan.

Ayam goreng ini diberi bumbu tradisional yang bikin banyak orang ketagihan. Setiap tempat punya ciri khas dan kelezatan menu yang istimewa.

Berikut 5 ayam goreng yang terkenal enak di Surabaya:

1. Ayam Goreng Asli Pemuda

Enak Pol! 5 Ayam Goreng Maknyus di Surabaya Buat Santap SiangFoto: Instagram ayamgorengaslipemuda

Ayam Goreng Asli Pemuda adalah ayam goreng legendaris di Surabaya karena sudah ada sejak 1977. Lokasinya di Jl. Tidar No. 21. Ayam goreng di sini dikenal dengan rasa gurih meresap dan teksturnya yang empuk dan lembut.

Ayam goreng disajikan dengan kecap manis dan sambal terasi. Harganya sekitar Rp 25 ribuan per potong. Selain ayam paha dan dada, ada juga hati, rempela, kepala, dan usus ayam di sini.

2. Ayam Goreng President

Di sebelah Ayam Goreng Asli Pemuda, ada Ayam Goreng President yang kelezatan menunya juga sayang dilewatkan. Tekstur ayam goreng di sini dikenal empuk dan bumbu gurihnya khas.

Penyajian ayam bersama kecap manis, sambal terasi, dan kucuran jeruk nipis. Menunya juga ada hati, rempela, ceker, dan usus ayam.

3. Ayam Goreng Sriwijaya

Enak Pol! 5 Ayam Goreng Maknyus di Surabaya Buat Santap SiangFoto: Instagram jawaposculinary

Rekomendasi ayam goreng enak di Surabaya selanjutnya, Ayam Goreng Sriwijaya. Rumah makannya ada di Jl. Sriwijaya Nomor 30. Ayam goreng di sini juga legendaris karena sudah ada sejak 1973.

Jenisnya merupakan ayam goreng kremes yang kremesannya gurih, renyah, dan nagih! Kalau mau menu lengkap bisa pesan paket komplet dengan pelengkap sayur paitan, tahu pong, tempe goreng, lalapan, plus sambal.

4. Ayam Goreng Primarasa

Rumah makan ayam goreng ini juga jadi favorit. Namanya Ayam Goreng Primarasa yang punya 3 cabang. Lokasinya di Jalan Manyar Kertoarjo No. 68-70, Jalan A.Yani No. 166, dan di Jalan Kusuma Bangsa No. 3A, Surabaya.

Ayam goreng di sini bisa dibeli per potong atau per ekor. Selain yang digoreng, juga ada yang dibakar. Harganya sekitar Rp 25 ribuan per potong.

5. Ayam Kremes Sultan

Enak Pol! 5 Ayam Goreng Maknyus di Surabaya Buat Santap SiangFoto: Instagram ayamkremessultan

Ayam goreng kremes di Surabaya ini adalah versi yang kekinian. Menunya bisa dipesan via ojek online dengan harga murah meriah, mulai dari Rp 13 ribuan sudah dengan nasi.

Gerainya ada di Jl Gubeng Kertajaya V Raya No 17 hingga Jl. Siwalankerto Timur No. 229. Ayam goreng kremes di sini bisa diberi ekstra bumbu kuning atau sambal sultan.

Nah, selain daftar 5 ayam goreng di atas, pastinya masih banyak ayam goreng enak lain di Surabaya. Apakah kamu punya rekomendasinya?

Jangan disimpan sendiri, rekomendasi ayam goreng enak itu bisa kamu bagikan di detikfood. Caranya mudah, cukup kirim ulasan di detikfood.

Poin-poin ulasan ini sebaiknya mencakup informasi soal jenis ayam goreng yang dinikmati, tempat menikmatinya, alasan mengapa ayam goreng ini menjadi yang terbaik versimu, hingga harga ayam goreng tersebut.

Ulasan ini juga bisa mencakup cerita unik di balik menu ayam goreng tersebut atau cerita dari penjualnya. Untuk jumlah kata dalam ulasan, minimal 250 kata dan maksimal 500 kata.

Berikut review ayam goreng yang pernah dimuat di detikfood bisa jadi contoh atau inspirasi gaya menulismu:

Waroeng Tiki Taka: Gigitan Pedas Sambal Terasi Pelengkap Ayam Goreng

Mengenai teknis penulisan ulasan, simak langkah-langkah berikut:
1. Kunjungi www.food.detik.com dan klik "Kirim Pengalaman" di halaman utama
2. Login atau buat akun MPC terlebih dahulu
3. Masukkan judul dan isi cerita pengalamanmu tentang kuliner ayam goreng, berikan juga foto dokumentasi yang akan mendukung pengalamanmu
4. Klik tombol "Kirim"

Kesempatan ini terbuka untuk seluruh pembaca detikcom dengan syarat dan ketentuan sebagai berikut:
1. detikers wajib memiliki akun MPC. Jika belum punya, bisa mendaftar DI SINI
2. Tema pengalaman kuliner: Ayam Goreng
3. Satu akun MPC dapat mengirim lebih dari satu kali pengalaman kuliner
4. Tulisan merupakan milik sendiri, tidak mengambil dari tulisan orang lain
5. Kirim pengalaman sebelum tanggal 20 Juli 2022

Bakal ada hadiah menarik untuk kamu yang tulisannya terpilih oleh tim detikfood. Tiga pemenang terpilih akan mendapatkan uang Makan Siang Gratis Sebulan masing-masing senilai Rp 3.000.000! Pemenang akan diumumkan pada 22 Juli 2022.

Tunggu apa lagi? Jangan sia-siakan kesempatan jadi food blogger di detikfood dan berhadiah makan siang GRATIS selama sebulan. Ayo kirim pengalaman kulinermu DI SINI.



Simak Video "Ramai Warga Korsel Boikot Franchise Ayam Goreng, Ada Apa?"
[Gambas:Video 20detik]
(adr/odi)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT