Dijual di Bagasi Mobil, Comro Echo yang Gurih Pedas Ini Laris Manis!

Anindyadevi Aurellia - detikFood
Selasa, 21 Jun 2022 17:30 WIB
Comro Echo, gorengan enak dan laris di kawasan Lengkong Bandung.
Foto: Anindyadevi Aurellia
Bandung -

Di Bandung ada penjual combro terkenal bernama Comro Echo. Ciri khasnya dijajakan di bagasi mobil dengan pilihan rasa sedang dan pedas. Mantul!

Combro atau comro adalah jajanan khas Jawa Barat yang populer. Dibuat dari adonan singkong berisi oncom, lalu digoreng renyah.

Tak sulit menemukan penjual combro di Jawa Barat, terutama di Bandung. Salah satu yang terkenal adalah Comro Echo di Jalan Kaca-kaca Wetan, Lengkong.

Comro Echo dijual oleh pria bernama Deni yang sampai sekarang masih sibuk melayani sendiri para pembeli. Sejak tahun 1994 ia menjajakan combro dengan gerobak berkeliling di Antapani dan Gasibu.

Baca Juga: Resep Pembaca: Resep Combro Renyah dan Empuk Untuk Camilan Ngopi

Comro Echo, gorengan enak dan laris di kawasan Lengkong Bandung.Deni, pemilik usaha Comro Echo di kawasan Lengkong, Bandung. Foto: Anindyadevi Aurellia

Hingga kini dirinya punya warung sendiri di kawasan Lengkong. Deni mengaku tak tahu pasti berapa banyak gorengan yang ia jual tiap hari. "Alhamdulillah laris terus, tidak menghitung jumlahnya berapa tapi ya setiap hari selalu pakai satu jerigen minyak," ujarnya pada detikhabar.

Gerai Comro Echo di Lengkong begitu mencuri perhatian lantaran combro dan gorengan lain ditaruh di lemari kaca yang disematkan pada bagasi mobil bekas. Hal ini kemudian jadi ciri khas Comro Echo.

"Ini dulu cuma nemu rongsokan aja, terus ide kayaknya bisa buat gerobak gorengan gitu. Nah, dulu bagasi ini setiap hari minggu suka ditarik jualan ke Taman Gasibu," cerita pria 61 tahun itu.

Saat ini bagasi mobil tersebut hanya menetap di Lengkong karena di Gasibu ada larangan kehadiran penjual kaki lima. "Jadi akhirnya sekarang bagasi mobil ini disemen aja, jualannya di sini terus sama di Moh.Toha ada pake gerobak," ujarnya menambahkan.

Comro Echo, gorengan enak dan laris di kawasan Lengkong Bandung.Deretan gorengan yang dijajakan di Comro Echo. Foto: Anindyadevi Aurellia

Baca Juga: 10 Resep Camilan Singkong yang Murah Meriah Buat Takjil

Comro Echo menawarkan combro hangat-hangat sehingga selalu jadi incaran pembeli. Harga per buahnya Rp 2.000 saja dengan pilihan rasa sedang dan pedas.

Selain combro, di sini juga ada gorengan lain yang tak kalah nikmat. Mulai dari tahu isi, bala-bala, hingga pisang goreng.

Pembeli Comro Echo rupanya tak hanya dari sekitar Lengkong saja, ada juga yang datang dari jauh-jauh. Seperti apa pendapatnya tentang kelezatan combro ini?

Pemilik Comro Echo, Deni juga menceritakan jatuh bangun usaha combronya ini. Lihat artikel selengkapnya DI SINI.

Baca Juga: Comro Echo, Larisnya Gorengan yang Dijajakan di Bagasi Mobil



Simak Video "Bakmi Tjokin, Bakmi Hits Bandung yang Tawarkan Yamin Asin-Manis"
[Gambas:Video 20detik]
(adr/adr)