ADVERTISEMENT

Pandemi Jadi Alasan Zulfian Banting Setir Jualan Hijab ke Soto Rumahan

Jihaan Khoirunnisa - detikFood
Rabu, 08 Jun 2022 07:10 WIB
20 Soto Ceker Ayam Gurih Rp 12 Ribuan Ada di Sini!
Foto: Ilustrasi Visual/Instagram/Site Blog
Jakarta -

Bisnis kuliner online merajalela di Tanah Air, apalagi selama masa pandemi COVID-19. Selain cukup mudah dijalankan, bisnis kuliner juga kerap disebut bisnis abadi alias tidak akan pernah mati.

Mengingat makanan dan minuman merupakan kebutuhan manusia sehari-sehari. Modalnya pun cenderung kecil, yang membuat bisnis kuliner cocok untuk para pemula. Hal ini pula yang mendasari A. Zulfian Farib beralih membuka bisnis kuliner soto Surabaya dengan nama Soto Ayam Bu Ratna.

Dikatakan Zulfian, sebelum menekuni usaha kuliner rumahan, dirinya sempat memiliki tenant hijab di salah satu mal di Makassar. Namun bisnis tersebut terpaksa berhenti sejak pandemi COVID-19 melanda, yang membuat banyak mal tutup karena lockdown.

"Tahun 2016 mulai buka tenant hijab kami di salah satu mal di Makassar. Sampai pada tahun 2020 pertengahan lockdown mulai diberlakukan. Dari situ usaha sudah mulai macet," katanya kepada detikcom, Rabu (8/6/2022).

Ia pun memutar otak mencari usaha lain yang bisa dijalankan. Pilihannya jatuh pada usaha soto yang dijalankan dari rumah dengan modal seadanya.

"Meskipun hanya dari rumah karena keterbatasan modal. Untuk modal awal mba karena usahanya cuma rumahan kisaran hampir Rp 300 ribuan (untuk membeli) peralatan masak dan bahan-bahan sotonya," tuturnya.

Lebih lanjut dia menjelaskan nama Soto Bu Ratna sendiri terinspirasi dari nama orang tua. Karena resepnya pun merupakan warisan sang ibu. "Resep dari beliau. Yang membuat beda dari soto lainnya dari kuahnya dan sedikit tambahan toping untuk isiannya," terangnya.

Diakui Zulfian dalam sebulan ada sekitar 100 porsi soto terjual. Untuk satu porsinya, soto ayam tersebut dihargai Rp 22 ribu saja.

"(Saat ini) jualan online-nya melalui Grab, Gojek dan ShopeeFood. Sementara untuk offline, jualannya hanya tetangga dekat rumah saja," ungkapnya.

Untuk mendorong agar bisnis kulinernya semakin maju dan berkembang, Zulfian mengikuti program 'Kembangkan Bisnis Kulinermu' persembahan detikcom dan Kraft Heinz Food Service. Dia berharap kegiatan tersebut dapat membantunya dalam memajukan bisnis Soto Ayam Bu Ratna.



Simak Video "Bikin Laper: Soto Betawi Mpok Rodemah Enak Banget!"
[Gambas:Video 20detik]
(ads/ads)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT