ADVERTISEMENT

Mantap! Bakso Tumpeng Ulang Tahun Isi Pangsit hingga Tetelan Gurih

Enggran Eko Budianto - detikFood
Senin, 06 Jun 2022 17:30 WIB
Emak-emak di Jombang Ini Bikin Bakso Sebesar Tumpeng
Foto: Enggran Eko Budianto
Jombang -

Inovasi bakso semakin beragam, termasuk bentuk tumpeng yang istimewa ini. Pelengkapnya juga meriah, ada gorengan pangsit hingga tetelan yang kenyal gurih.

Bakso identik dengan bentuk bulat atau gepeng, tapi kini semakin banyak bakso yang dibuat dalam bentuk spesial. Bakso ini cocok disajikan dalam acara-acara besar, seperti arisan hingga pesta ulang tahun.

Kreasi bakso bentuk unik salah satunya bisa ditemui di Jombang, Jawa Timur. Adalah Iin Andayani (40), warga Jelakombo yang memperkenalkan kreasi Bakso Tumpeng Ulang Tahun.

Sesuai namanya, bakso ini berbentuk persis tumpeng bertingkat dengan kerucut segitiga di bagian paling atas. Di sekeliling bakso tumpeng lalu diberi pelengkap mie kuning, pangsit goreng, siomay, dan tetelan sapi.

bakso tumpengBentuknya istimewa, bakso tumpeng cocok jadi sajian dalam acara atau pesta besar. Foto: Enggran Eko Budianto

Baca Juga: Gurih Mantap! Ini Bakso Nuklir di Jombang yang Terkenal Enak Sejak 1984

Iin membuat bakso tumpeng dengan berbagai ukuran sesuai pesanan. Misalnya bakso tumpeng berdiameter 50 cm dan tinggi 18 cm. Bakso berbahan daging sapi ini dijual Rp 300 ribu dan cukup untuk 15 orang.

Kalau mau pesan harus tiga hari sebelumnya. Karena saya membagi waktu dengan membuat bakso biasa," terang pemilik Warung Bakso'e Mba Iin itu.

Emak-emak di Jombang Ini Bikin Bakso Sebesar TumpengBakso Tumpeng Ulang Tahun dilengkapi pangsit goreng hingga tetelan sapi. Foto: Enggran Eko Budianto

Baca Juga: Viral Bakso Lobster dan Tetelan Berlimpah yang Diantre Berjam-jam

Bakso tersebut tidak hanya menarik dipandang. Dari segi rasa, daging baksonya pun lezat dan kenyal. Kuahnya gurih segar, menyatu dengan bumbu.

Iin menjelaskan bakso tumpeng ini tergolong baru. Menunya hadir pertama kali pada 2 bulan lalu ketika ia merayakan ulang tahun sang anak.

Sejak saat itu, Bakso Tumpeng Ulang Tahun buatan Iin banyak dicari. Ia menceritakan kisah sukses penjualan baksonya. Baca selengkapnya DI SINI.



Simak Video "Cita Rasa Bakso Gepeng Tebet yang Jadi Langganan Artis"
[Gambas:Video 20detik]
(adr/adr)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT