Ingin Mandiri, Remaja Ini Jualan Brownies untuk Tambah Uang Saku

Jihaan Khoirunnisa - detikFood
Senin, 16 Mei 2022 13:00 WIB
Brownies
Foto: Instagram/@j.pastryy
Jakarta -

Membuat usaha di usia muda bukanlah hal yang baru. Saat ini sudah banyak anak muda yang berani membangun bisnisnya sendiri.

Jessica Maria Christie salah satunya. Remaja ini sudah mulai terjun ke dunia bisnis kuliner sejak usianya masih 17 tahun. Di awal pandemi, tepatnya pada bulan Juli 2020 silam, ia memilih untuk menjual brownies rumahan dengan brand bernama J.pastryy.

"Usaha ini dibangun berawal dari pandemi yang membuat saya lebih banyak menghabiskan waktu di rumah. Karena pandemi pandemi saya tidak diberi uang jajan oleh orang tua kemudian saya berpikir bagaimana mendapatkan uang saku tanpa meminta uang ke orang tua, dan tercetusnya di pikiran saya untuk membuka usaha ini," jelasnya kepada detikcom.

Adapun alasan utama gadis yang kini berusia 20 tahun ini memilih usaha kuliner karena dirinya memiliki hobi memasak, khususnya baking. Selain itu ia dan anggota keluarga lainnya juga sangat menyukai kue yang manis, seperti brownies.

"Saya memilih brownies sebagai usaha karena pertama saya sering membuatnya, kedua proses pembuatannya cukup mudah dan simple dibandingkan dengan membuat produk lain, ketiga semua keluarga saya yang menyukainya dan keempat modal yang digunakan untuk membuat produk tersebut cukup terjangkau," terangnya.

"Untuk pembuatan brownies saya belajar secara otodidak dari sumber yang ada di internet. Kemudian saya ubah (modifikasi) menjadi versi saya sendiri," imbuhnya.

Selain brownies panggang biasa, tokonya juga menawarkan variasi pie brownies yang diberi hiasan white choco letter di atasnya. Hiasan huruf tersebut bisa dikustom sesuai keinginan.

Berbeda dari pie pada umumnya yang memiliki tekstur lembut di bagian tengah, pie brownies dapat dibuat renyah. Untuk rasa tidak perlu diragukan ragi, karena sudah pasti nyoklat banget. Buat yang gemar makan cokelat, dijamin suka sama makanan ini.

Agar pie brownies lebih kaya rasa dan terlihat menarik, biasanya ditambahkan juga berbagai topping seperti cokelat batangan, choco chip, kacang almond, dan lain-lain. Tak hanya jadi teman saat santai, kudapan pie brownies juga bisa jadi alternatif tart untuk kejutan ulang tahun teman maupun keluarga, loh.

Adapun untuk harga pie brownies di J.pastryy mulai dari Rp 35 ribu. Pemesanannya bisa dilakukan secara online lewat Instagram @j.pastryy.

Meskipun saat ini penjualannya belum menentu, namun Jessica bersyukur karena setiap bulan setidaknya ada 4 box pie brownies yang terjual. Namun, pada event tertentu jumlah tersebut bisa naik hingga lebih dari 10 box.

"Jika ada event tertentu seperti hari raya bisa mencapai 5 sampai 10 kali lipat dari pendapatan biasanya," ungkapnya.

Ia pun terus berupaya mendorong penjualan lewat promosi online, menggunakan media sosial seperti TikTok dan Instagram. Di samping itu, Jessica juga ikut berpartisipasi dalam webinar 'Kembangkan Bisnis Kulinermu' persembahan detikcom bersama Kraft Heinz Food Service. Harapannya, ia bisa mendapat ilmu baru seputar bisnis kuliner.

"(Acaranya) sangat menyenangkan karena memiliki pengetahuan dan wawasan mengenai bisnis. Semoga (wawasan baru yang didapat) bisa membuat usaha saya semakin maju," tandasnya.



Simak Video "Ciptakan Inovasi untuk Hadirkan Peluang Baru Usahamu"
[Gambas:Video 20detik]
(ads/ads)