Mudik ke Bangka Belitung, Jangan Lupa Cicipi Rice Bowl 'Nasi Dekap'

Yudistira Perdana Imandiar - detikFood
Rabu, 04 Mei 2022 10:25 WIB
Ilustrasi rice bowl.
Foto: Shutterstock
Jakarta -

Rice bowl menjadi salah satu pilihan makanan favorit masyarakat Indonesia. Selain karena kemasannya yang praktis dimakan, rice bowl menawarkan ragam variasi menu lezat.

Rice bowl biasanya dilengkapi dengan daging ayam, sapi, atau ikan yang sudah disuwir atau potong kecil-kecil sehingga mudah disantap. Tambahan sambal membuat sajian yang satu ini kian nikmat.

Para pelaku usaha kini menawarkan beragam inovasi menu rice bowl. Salah satunya brand 'Nasi Dekap' di Bangka Belitung yang menghidangkan beragam menu rice bowl kekinian.

Usaha Nasi Dekap (@nasidekap) dirintis Bambang Suganto sejak 2018. Ia merasa sajian kuliner yang ada di daerahnya belum terlalu bervariasi saat itu, sehingga ia membuat pilihan menu rice bowl yang lebih beragam.

"Berawal dari kejenuhan saya terhadap pelaku usaha kuliner di daerah saya tinggal. Saya memulai usaha di penghujung tahun 2018," kata Bambang kepada detikcom beberapa waktu lalu.

Rice bowl Nasi Dekap.Rice bowl Nasi Dekap. Foto: dok. Instagram/@nasidekap

Nasi Dekap menyuguhkan sejumlah varian menu, antara lain yang jadi favorit adalah Nasi Ayam Suwir Pedas, Nasi Beef Teriyaki, dan Nasi Daging Mercon. Nasi Dekap juga menghadirkan menu-menu selain rice bowl seperti sambal cumi. Menu-menu ini bisa jadi alternatif jika jenuh dengan sajian santan di kala lebaran.

Bambang mengungkapkan bisnis yang dijalaninya tak selalu mulus. Saat pandemi melanda Tanah Air, omzet Nasi Dekap sempat turun drastis. Ia pun menerapkan sejumlah strategi untuk menyelamatkan detak bisnisnya.

"Strategi yang saya lakukan saat itu dengan promo online gratis ongkir untuk jarak yang wajar," tutur Bambang.

Selain memaksimalkan pemasaran online, Bambang juga berupaya untuk terus meningkatkan kemampuannya dalam berbisnis. Ia pun mengikuti program pengembangan usaha 'Kembangkan Bisnis Kulinermu' dari detikcom bersama Kraft Heinz Food Service. Dari program itu, Bambang mengaku memperoleh pencerahan untuk bisnisnya.

"Jadi lebih tahu arah bisnis yg ingin dituju," ujarnya.



Simak Video "Bikin Laper: Menjajal Rice Bowl di BSD Berukuran XL"
[Gambas:Video 20detik]
(prf/ega)